oleh

Ini Penuturan Kapten Tentang Tenggelamnya Kapal DBS II

Awak kapal kargo DBS 02 yang berhasil selamat tengah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebelum diserahkan ke pihak agen pelayaran Global Internusa Line (GIL)

DUMAI – Akibat cuaca buruk, Kapten Kapal Dharma Sumeker (DBS) Abdul Haris terpaksa melawan arus karena kapal pendek sebelum mengalami kebocoran hingga kargo pengangkut semen tersebut tenggelam.

Abdul Haris, mengatakan, pada malam kejadian dilokasi kejadian, tinggi ombak mencapai 3 meter dengan kecepatan angin sangat kencang.

banner 300x250

“Saat itu saya terpaksa melawan arus, karena kapal kita pendek serta cuaca yang cukup parah,” kata Abdul Hamid, Minggu (27/1/2019).

Dijelaskannya, penyebab karamnya kapal yang dikemudikannya tersebut dikarenakan oleh tutup air ballas kapal lepas, sehingga menyebabkan kebocoran.

“Kapal malam itu mengalami kemiringan ke kiri, sehingga pada saat itu saya sudah minta bantuan melalui radio,” katanya.

Setelah itu, dirinya kembali memerintahkan kepada seluruh awak kapal untuk memasang pelampung untuk menyelamatkan diri kedalam life raft.

“Saya sangat sedih, kepala kamar mesin tidak mau meninggalkan kapal, dan mengunci pintu kamarnya,” katanya kembali.

Selain itu, karena KKM tidak mau meninggalkan kapal, dua orang abk bagian kamar mesin kembali membujuk awak kapal yang bertahan dikapal tersebut.

“Saya sudah memerintahkan semuanya untuk masuk ke perahu karet (life raft), namun mereka tidak mau, sehingga kita terpisah dengan tiga awak kapal lainnya, dikarenakan perahu kita terbawa arus gelombang,” katanya kembali.

Disebutkannya juga, dari tiga orang tesebut, hanya dua ABK yang menggunakan pelampung, sedangkan KKM sendiri tidak menggunakan dikarenakan mengurung diri di kamar.

“Saya berharap tiga orang awak kapal kita dapat ditemukan oleh pihak yang terkait,” katanya mengakhiri.

Kapten Kapal Negara (KN) 218 Basarnas Leni Tadika menyebutkan, untuk menuju ke lokasi, pihaknya membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan menuju ke Perairan Tanjung Jati Kabupaten Bengkalis, dimana kapal kargo DBS 02 tenggelam sekitar pukul 23.30 WIB pada Sabtu (26/1/2019).