oleh

Polisi Kembali Tangkap 2 Pelaku Pembunuhan di Rohil, Dalangnya Masih Buron

PEKANBARU – Polres Rokan Hilir kembali menangkap dua pelaku pembunuhan terhadap Sudarmono alias Ucok Klewang. Hingga kini total 4 pelaku yang ditangkap, sedangkan satu orang lagi yang merupakan dalang pembunuhan masih buron.

Dua pelaku yang ditangkap adalah Rizky Satria (24), dan Surya Irwansyah (27). Keduanya merupakan warga Kelurahan Bagan Sinembah Kota Kecamatan Bagan Sinembah Raya Kabupaten Rohil.

banner 300x250

“Keduanya ditangkap saat dalam perjalanan mau kabur keluar daerah. Mereka diberhentikan petugas di Simpang Pujud, saat itu keduanya menumpang bus,” kata Kapolres Rokan Hilir, AKBP Sigit Adiwuryanto, Rabu (30/1).

Sigit menceritakan, setelah dilakukan penangkapan awal terhadap tersangka Suparjo dan Supriyanto Selasa (29/1) sekitar pukul 19.30 WIB, kabar itu terdengar oleh Surya dan Rizky.

Mereka berusaha melarikan diri keluar kota dengan mengendarai bus dengan tujuan kota Pekanbaru. Namun selama dalam perjalanan, Rizky dan Surya mengaku merasa tidak nyaman karena polisi terus mencarinya.

“Dengan situasi seperti ini, mereka berdua berniat untuk menyerahkan dirinya ke Mapolsek Bagan Sinembah,” kata Sigit.

Setelah sampai di Simpang Benar, mereka berdua turun dari Bus, dan mencari kendaraan yang mengarah ke Bagan batu. Kemudian mereka menumpangi oleh bus kecil Batang Pane.

“Saat itu juga anggota Polsek Bagan Sinembah menunggu di Simpang Pujud. Saat bus kecil itu tiba, petugas langsung memberhentikan bus dan memeriksa semua penumpang,” jelas Sigit.

Saat pemeriksaan itulah kedua pelaku menyerahkan diri lalu dibawa ke Mapolsek untuk dimintai keterangan guna kepentingan penyidikan.

Kepada polisi, Rizky dan Surya mengaku bahwa mereka berdua adalah pemilik usaha ternak ayam potong yang sering diganggu dan dicuri ayamnya oleh korban, Ucok Klewang.

Karena itu, kedua tersangka bersama Ramli (buron) menyuruh Suparjo untuk memberi pelajaran karena sering meresahkan warga di Kampung Harapan.

Ramli memberi upah kepada Suparjo sebelum melakukan dan sesudah aksi pembunuhan. Namun hingga kini keberadaan Ramli belum diketahui, polisi masih mengejarnya. Sigit menyarankan agar Ramli menyerahkan diri sebelum ditangkap petugas.

“Jadi tersangka Ra (Ramli) ini yang merupakan dalang pembunuhan, dia masih kabur dan sedang kita cari. Saya himbau untuk menyerah sebelum kita tangkap,” tegas Sigit. (gs1)