oleh

Wujudkan Swasembada Pangan, DKPTPP Lakukan Panen Raya Padi di Desa Anak Setatah Rangsang Barat

SELATPANJANG – Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP) Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan panen raya padi di Desa Anak Setatah Kecamatan Rangsang Barat Kamis, (7/2/2019).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Ir. Jaka Insita mengatakan bahwa Panen Raya di Desa Anak Setatah ini luas sawah garapannya sebesar 130 Ha, perhektar lahan sawah di klaim dapat menghasilkan 4.5 Ton gabah, dan lahan tersebut dikelola oleh kelompok tani setempat dengan jumlah anggota 250 orang.

banner 300x250

Jaka juga menjelaskan bahwa dengan panen raya padi ini pemerintah dan masyarakat merasa senang, karena hasil kerja selama ini memuaskan.

“Panen raya ini tujuannya untuk meningkatkan produksi tanaman padi kita yang selama setahun kita menunggu. ini patut kita syukuri. Hamparan sawah yang menguning membuat kita merasa senang” ujar Jaka Insita

Ditambahkan Jaka, selain beras masih banyak yang bisa dikembangkan di Desa Anak Setatah, seperti jagung, ubi jalar, kedelai dan lainnya.

“Saya harap mulai sekarang kita harus berpikir lebih serius dalam mengembangkan beras, jagung dan lain-lain agar setahun kita bisa panen sebanyak dua kali” tambah Jaka.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim, menyampaikan apresiasinya kepada para petani yang telah bersungguh-sungguh menanam padi. Kedepan ia berharap para petani lebih serius lagi menggarap lahan sawah yang begitu luas dan memiliki potensi besar, agar apa yang dicita-citakan yakni Swasembada pangan di Meranti dapat terwujud.

Pada kesempatan itu juga Wabup menegaskan Pemkab Meranti memberikan perhatian serius pada masyarakat untuk meningkatkan produksi padinya, salah satunya dengan membangun infrastruktur pendukung Jalan Usaha Tani (JUT).

“Saya berharap dengan adanya bantuan dari pemerintah, masyarakat bisa bertani dengan semangat dan memberikan hasil yang baik” ujar Wabup Said Hasyim.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Meranti Drs H Said Hasyim, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ketahaman Pangan dan Peternakan Ir. Jaka Insita, Kepala Dinas Perkebunan Drs. T. Efendi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs. Azza Fahroni, Kabag ULP Janefi Meza, Kabag Kesra Sekda Meranti Drs. Husni Gamal, Kabag Adpem Sekda Meranti Fadli, Sekretaris Dinas Pertanian, Kabid Perencanaan Bappeda M. Arif, Camat Rangsang Barat Drs. Idris Sudin, Kades Anak Setatah Abu Hasan Sahari, Perwakilan Dinas Kesehatan, Perwakilan Dinas PU, Perwakilan Koramil 02/Tebingtinggi, Perwakilan Polsek Rangsang Barat, Bagian Perbatasan dan Dinas terkait lainnya, Gapoktan dan Ratusan masyarakat setempat.