oleh

Longsor dan Hanyut Terbawa Arus, 21 Warga Tanah Merah Inhil Kehilangan Tempat Tinggal

Kondisi pemukiman warga pasca longsor

TEMBILAHAN – Sebanyak 21 warga di Dusun Sungai Udang, Desa Sungai Nyiur, Kecamatan Tanah Merah, Inhil kehilangan tempat tinggal mereka karena longsor lalu hanyut terbawa air.

Kejadian yang terjadi Jumat (8/2/2019) itu mengagetkan warga yang saat kejadian tengah tertidur lelap di rumah mereka masing-masing.

banner 300x250

Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony Putra melalui Kapolsek Tanah Merah, IPTU Liber Nainggolan menjelaskan atas kejadian itu empat rumah yang berada di bibir sungai ambruk.

“Ada 4 rumah yang dihuni 7 kepala keluarga dan 21 jiwa yang jatuh ke sungai,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, dari keterangan salah seorang warga Khairudin, saat itu dia sedang tidur di rumahnya, kemudian saksi merasakan rumahnya seperti bergerak, dan Khairudin langsung mengecek keluar rumahnya dan melihat tanah di bawah rumahnya bergerak.

Kemudian Khairudin membangunkan keluarganya yang berada didalam rumah lalu berteriak, longsoor.. Longsoor, langsung berlari meminta pertolongan warga sekitar.

“Tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian ini, kerugian ditaksir sekitar lebih kurang Rp250 juta. Dugaan awal terjadinya musibah tanah longsor disebabkan oleh abrasi air sungai,” terang L Nainggolan.