oleh

Unri Ingatkan Pihak Sekolah untuk Cermati Website yang Disediakan Pemerintah pada Seleksi Penerimaan Tahun Ini

Nur Mustafa bersama para kepala sekolah se Batam

PEKANBARU – Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Riau (Unri) Prof Dr M Nur Mustafa mengingatkan agar pihak sekolah maupun calon peserta tes untuk mencermati betul sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun ini, agar tidak dirugikan.

Ia berpesan untuk mempelajari terlebih dahulu website yang telah disediakan oleh pemerintah maupun Unri. 

banner 300x250

“Pelajari secara cermat di website-website yang disediakan pemerintah pusat maupun Unri,” kata Nur Mustafa pada saat sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Unri di Batam, Jumat (15/2/2019).

Sementara itu, dalam penerimaan mahasiswa ajaran 2019 tahun ini, rektor dan segenap pimpinan Unri, baik fakultas maupun staf turun ke daerah-daerah untuk menjaring peminat melalui sekolah-sekolah. Serta mensosialisasikan seperti apa tahapan masuk universitas.

Sosialisasi ini dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/ kota di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Adapun pembagian daerahnya yaitu, Rektor Unri Prof Dr Aras Mulyadi DEA turun ke Tanjungpinang, Prof M Nur Mustafa ke Batam, Warek II Prof Sujianto ke Tembilahan, Warek III Prof Dr Iwantono ke Karimun, dan Warek IV Prof Syaiful Bahri turun ke Dumai.

Seperti yang diketahui saat ini penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri telah di buka untuk beberapa jalur. Untuk tahun ini Unri membuka tiga jalur.

Ketiga jalur tersebut yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) minimal 20 persen, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) minimal 40 persen, dan jalur Mandiri 30 persen. 

Bagi calon mahasiswa untuk jalur SNMPTN, diseleksi dari tamatan SMA sederajat tamatan tiga tahun terakhir berdasarkan nilai rapor. Dengan kuota pendaftar berbeda pada setiap sekolah, yaitu 40 persen sekolah akreditasinya A. 25 persen untuk sekolah akreditasi B, dan lima persen untuk akreditasi C. 

Di Unri, kuota yang tersedia untuk penerimaan mahasiswa baru dari sekitar 6.500 mahasiswa. 

Untuk seleksi SNMPTN, Pengumuman hasil seleksi SNMPTN tanggal 23 Maret 2019, melalui laman snmptn.ac.id. Sedangkan untuk jalur SBMPTN calon peserta wajib mengikuti UTBK (ujian tulis berbasis komputer) dengan jadwal pendaftaran tanggal 1 Maret – 1 April 2019. 

Untuk tesnya sendiri panitia menyediakan 10 hari tes, yakni dua kali perhari pada rentang waktu 13 April  – 26 Mei 2019, setiap hari Sabtu dan Minggu. Bagi peserta yang lulus, baru bisa mendaftar untuk jalur SBMPTN pada 10-24 Juni 2019 dengan membawa hasil UTBK.

Sementara itu, pada seleksi jalur Mandiri Unri tahun 2019 terdiri dari empat jenis yaitu PBUD (penelusuran bibit unggul daerah) dan PBM (penelusuran bakat dan minat), Bina Lingkungan, Kerjasama Pemda, dan Transfer D3 ke S1.

Pada penerimaan jalur PBUD dan PBM diperuntukkan untuk siswa yang berasal dari Riau dan Kepulauan Riau.

Adapun Fakultas yang tersedia ialah FISIP, Pertanian, MIPA, FKIP, Ekonomi Bisnis, Hukum, dan Teknik. Khusus untuk Fakultas Perikanan boleh berasal dari semua provinsi di Sumatera, Banten dan Kalimantan Barat. Sementara untuk Fakultas Kedokteran dan Keperawatan hanya untuk calon yang dari Riau.

Sedangkan untuk siswa yang mengikuti jalur PBM harus menyertakan portofolio atau melampirkan sertifikat atas prestasi olahraga, seni maupun hafal Alquran minimal 10 juz yang pernah diraihnya.

Untuk registrasi dari sekolah akan dimulai 1 Maret 2019, sedangkan untuk pengumuman kelulusan 16 Juli 2019, dan registrasi ulang 17-20 Juli 2019. 

Tidak hanya itu, pada jalur Bina Lingkungan, pesertanya terbuka untuk seluruh Indonesia, kecuali Fakultas Teknik, Kedokteran, Ekonomi Bisnis, FKIP, dan Hukum. Fakultas-fakultas yang disebutkan terakhir pesertanya direkrut dari sisa pendaftar PBUD. 

Pada jalur ini, selain dikenakan uang kuliah tunggal, juga membayarkan sumbangan pengembangan institusi dengan besaran yang berbeda setiap fakultas. Uang kuliah pun bervariasi antara Rp 3.150.000 (D3 Perpajakan) – Rp 23.435.000 (Kedokteran) per semester dengan rata-rata sekitar Rp 4,5 juta. 

Seleksinya dilakukan dengan sistem ujian tulis berbasis cetak (UTBC) untuk materi tes mengikuti sistem UTBK. Pendaftaran online akan dimulai pada 1 Maret 2019, untuk ujian UTBC tanggal 23 Juli 2019 dan pengumuman kelulusan 26 Juli 2019. Untuk informasi lebih lanjut silahkan lihat dilaman unri.ac.id.