oleh

Karhutla di Mumugo, Bangsal Aceh dan Teluk Lecah Terbakar Hebat, Manggala Agni Kerahkan Kekuatan Penuh ke Dumai dan Bengkalis

Karhutla di Riau. (Istimewa)

PEKANBARU – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Riau bagian utara meliputi Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), dan Bengkalis masih terus berlangsung.

Dari laporan tim patroli udara Heli Bell 412 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dipimpin Koordinator Manggala Agni Provinsi Riau Edwin Putra, diketahui ada tiga wilayah yang mengalami kebakaran hebat, yakni Mumugo Kecamatan Tanah Putih Rohil, Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan Dumai dan Teluk Lecah Pergam Kecamatan Rupat Bengkalis.

banner 300x250

Di samping tiga lokasi tersebut, informasi dari Satgas Darat BPBD Meranti, karhutla juga terjadi di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan Rangsang.

Koordinator Manggala Agni Provinsi Riau, Edwin Putra mengatakan, bahwa upaya pemadaman juga telah dilakukan oleh tim pemadaman darat gabungan Manggala Agni, TNI, Polri, perusahaan dan masyarakat sejak dua minggu terakhir.

“Kondisi lahan yang kering, angin kencang dan cuaca panas menyebabkan kebakaran terus meluas,” kata Edwin kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Sabtu (16/2/2019).

Untuk mendukung upaya pemadaman di wilayah tersebut, kata Edwin, BKO (perbantukan) pasukan Manggala Agni sebanyak lima regu yang terdiri dari 75 orang personil. Mereka berasal dari Daops Pekanbaru, Daops Siak dan Daops Rengat untuk ditempatkan di titik-titik penting.

“Tujuannya untuk mencegah pejalaran api agar tidak terus meluas. Makanya kekuatan penuh Manggala Agni kita kerahkan,” imbuh Edwin.

Di samping itu, 1 Unit Heli Bell 412 KLHK besok akan melaksanakan pemadaman udara atau water bombing di wilayah Rupat Bengkalis.

Sementara itu, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera, Israr menyatakan bahwa Manggala Agni siap full team untuk mendukung upaya pemadaman di Riau.

“Semoga karhutla ini bisa segera dikendalikan. Saya juga berpesan agar seluruh pasukan tetap menjaga kesehatan dan keselamatan tim di lapangan,” tuturnya.