oleh

30 Hektare Lahan di Mumugo Rohil Terbakar Hebat, Manggala Agni Daops Pekanbaru dan Dumai Dikerahkan Padamkan Api

Karhutla di Riau. (Istimewa)

PEKANBARU – Pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Mumugo, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau terus dilakukan hingga Minggu, (17/2/2019).

Koordinator Manggala Agni Provinsi Riau, Edwin Putra mengatakan, bahwa kebakaran lahan di Mumugo ini menghanguskan sekitar 30 hektare.

banner 300x250

“Yang terbakar ini semak belukar dan hutan, kondisinya tanah gambut juga. Ditambah lagi, angin cukup kencang sehingga agak sulit melakukan pemadaman karena arah angin berubah-ubah,” kata Edwin kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Minggu (17/2/2019).

Dalam pemadaman ini, kata Edwin, pihaknya mengerahkan pasukan dari Manggala Agni Daops Pekanbaru dan Manggala Agni Daops Dumai. Di mana, mereka bekerjasama dengan TNI, Polri, dan BPBD Dumai.

“Sekira pukul 10.00 WIB, tim gabungan telah tiba di TKP. Mereka lalu berjalan kaki sejauh 500 meter untuk menuju lokasi pemadaman,” terang Edwin.

Setelah tiga jam berjibaku dengan api, aksi tim pemadaman ini berhenti sejenak karena diguyur hujan pada pukul 13.19 WIB. Barulah, sekitar pukul 14.55 WIB, tim melanjutkan kembali pemadaman.

“Kondisinya masih menyisakan bara-bara api. Semoga turun hujan lagi, sehingga api cepat padam,” tuturnya.