Ketua Yayasan Kartika Jaya Bukit Barisan: Guru Harus Mampu Ciptakan Suasana Belajar-Mengajar Menyenangkan

Pekanbaru, Riau68 Dilihat
Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang Satu Bukit Barisan Tri Sasanti Fadhilah (duduk, tengah) dan Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Rem 031 Wirabima Irawati Suryo Kusumo (duduk, kanan), berfoto dengan para guru SMP Kartika 1-5 Pekanbaru. (Ist)

PEKANBARU – Guru harus mampu menciptakan suasana belajar-mengajar yang menyenangkan dan efektif dalam kelas, dengan menerapkan metode quantum learning dan quantum teaching (membaca, mengingat dan presentasi).

Harapan itu disampaikan Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang Satu Bukit Barisan, Dra Tri Sasanti Fadhilah saat menjadi narasumber pada seminar pendidikan bertemakan “Motivasi Peningkatan Kinerja Guru Yayasan Kartika Jaya Koordinator Rem 031 Cabang Satu Bukit Barisan” yang digelar Yayasan Kartika Jaya Cabang Satu Bukit Barisan di Aula Wiratama, Korem 031 Wirabima di Pekanbaru, Kamis (14/02/2019).

banner 300x250

“Guru merupakan sosok yang harus memberikan teladan kepada peserta didik. Guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas guru dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kesulitan pelajaran, sehingga peserta didik tidak bosan dalam proses belajar di kelas. Salah satunya dengan menerapkan metode membaca cepat, mneumonik, dan mindmapping,” jelas Tri Sasanti Fadhilah.

Perempuan yang aktif di dunia pendidikan ini mengingatkan, menjadi guru jangan karena kebetulan, namun harus memiliki niat baik untuk membantu siswa menggali ilmu pengetahuan dan memiliki karakter mulia.

“Guru merupakan profesi mulia, yang kehadirannya selalu dinanti para siswa. Menjadi guru jangan karena kebetulan, akan tetapi berul-betullah menjadi guru yang memiliki niat baik dalam membantu siswanya menggali ilmu pengetahuan dan memiliki karakter mulia,” harap alumni IKIP Negeri Yogyakarta Jurusan Pendidikan Biologi ini.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru yang diwakili Kabid SMP Nurbaiti, MPd, mengatakan, sangat mengapresiasi penyelanggaraan seminar ini. Menurut Nurbaiti, acara ini merupakan refleksi dan suplemen untuk meningkatkan kreativitas guru dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Seminar ini sebagai suplemen dan motivasi kepada para guru yang berada di Yayasan Kartika Jaya Cabang Satu Bukit Barisan, agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing,” kata Nurbaiti.

Nurbaiti juga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Kartika Jaya Cabang Satu Bukit Barisan karena telah membantu pemerintah, khususnya Pemerintah Kota Pekanbaru dalam menyelenggarakan dan menyediakan lembaga pendidikan.

“Terima kasih kepada Yayasan Kartika Jaya Cabang Satu Bukit Barisan, yang sangat peduli dengan dunia pendidikan dan memiliki niat baik membantu pemerintah menyelenggarakan dan menyediakan fasilitas belajar, khususnya di Kota Pekanbaru,” ujarnya.

Kepala SMP Kartika 1-5 Pekanbaru, Nurmaida, MPd yang turut menjadi peserta dalam seminar ini, mengucapkann terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang Satu Bukit Barisan dan Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Rem 031 Wira Bima, karena telah menggelar acara ini.

“Terima kasih kepada Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang Satu Bukit Barisan Ibu Tri Sasanti Fadhilah dan Ketua Yayasan Koordinator Rem 031 Wira Bima Ibu Irawati Suryo Kusumo karena telah mengadakan seminar pendidikan ini. Semoga ilmu dan motivasi yang diberikan oleh narasumber bermanfaat untuk para guru yang berada di bawah naungan Yayasan Kartika Jaya Koordinator Rem 031 Wira Bima, khususnya di SMP Kartika 1-5 Pekanbaru,” kata Nurmaida.

Seminar pendidikan ini dihadiri seluruh guru PAUD, TK, SD, dan SMP di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Kordinator Rem 031 Wira Bima Bukit Barisan.rls