oleh

Sudah Ada Keputusan KIP, Publik Berhak Mendapatkan Informasi HGU

KIP Riau putuskan masyarakat berhak mendapatkan informasi HGU

PEKANBARU – Komisi Informasi Provinsi (KIP) Riau telah mengeluarkan Keputusan Komisi Informasi Provinsi Riau Nomor 001/KPTS/KIP-R/III/2019 tentang kewajiban badan publik untuk menyediakan dan mengumumkan informasi publik terkait dokumen Hak Guna Usaha (HGU) yang tertandatangi oleh Ketua KIP Riau Zufra Irwan pada 19 Maret 2019.

Melalui keputusan KIP ini, masyarakat baik perorangan maupun organisasi berhak mendapatkan informasi – informasi terkait HGU, seperti daftar HGU, dan dokumen HGU yang terdiri dari surat keputusan pemberian HGU, dan surat ukur.

banner 300x250

“Informasi terkait daftar HGU dapat diumumkan oleh badan publik secara berkala melalui website resmi badan publik. Informasi terkait dokumen HGU wajib disediakan badan publik setiap saat,” ujar Komisioner KIP Riau, Jhony Setiawan Mundung, dalam konferensi pers di Kantor KIP Riau, Jumat, (29/3/2019).

Adapun keputusan ini seperti yang dituangkan, berdasarkan banyaknya tumpang tindih, ketimpangan, konflik penguasaan lahan dan terhambatnya perencanaan tata ruang wilayah akibat minimnya keterbukaan informasi tersebut. Kemudian, adanya potensi kerugian negara akibat ketidakjelasan informasi HGU, dan tidak ada undang – undang dan peraturan lain yang menyatakan informasi HGU adalah informasi yang dikecualikan.