oleh

Buka Pelatihan Menjahit dan Komputer, Wabup Inhil Sebut Akan Hidupkan UMKM

Wabup Inhil, SU berfoto bersama peserta pelatihan.

TEMBILAHAN-Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Syamsuddin Uti membuka pelatihan menjahit dan pelatihan komputer yang ditaja oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Inhil, Senin (1/4/2019).

Pelatihan berbasis kompetensi tahun 2019 itu sendiri diikuti 32 peserta yang merupakan putra putri asli Inhil yang rata-rata baru tamat dari sekolah menengah atas.

banner 300x250

Kepala Disnakertrans Inhil, Masdar menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan dari APBN melalui Balai Pelatiha Kerja Padang.

“Kita dapat 9 paket, yang satu paketnya senilai Rp80 juta,” jelasnya.

Ia juga menerangkan, kedepannya Disnakertrans Inhil akan lebih banyak membuat kegiatan seperti ini.

“Salah satunya yang kita wacanakan adalah pelatihan untuk mengolah turunan dari kelapa, mulai dari daunnya, sabut hingga tempurungnya, ini sesuai dengan program Pak Bupati dan Pak Wabup yang fokus dengan perkelapaan,” cetus Masdar.

Wabup Inhil, SU sendiri mengaku bangga dengan apa yang dilaksanakan Disnakertrans ini, karena bisa mencari peluang dana dari mana saja untuk membantu meningkatkan keterampilan putra putri Inhil yang belum memiliki pekerjaan.

“Ini hal yang cukup baik, dengan ini mereka jadi terlatih untuk siap kerja, denga bekerja bisa menekan angka kemiskinan, sesuai dengan tujuan saya dan Pak Bupati yang ingin kedepannya bagaimana untuk menekan angka kemiskinan,” jelas Wabup.

Ia pun menuturkan, untuk melatih para kaula muda Inhil agar siap pakai dan siap kerja, tidak hanya melalui pelatihan, namun juga dengan membangkitkan kembali UMKM.

“Kedepan UMKM harus kita prioritaskan, jadi seperti Disnakertrans dan Dinas Koperasi itu tidak lagi dianggap sebagai dinas buangan,” lanjutnya.

Kepada para peserta pelatihan, SU pun mengingatkan untuk mengikuti semua proses dengan baik. Ikuti semua pembelajaran dari instruktur dengan baik, karena dengan pelatihan ini bisa meningkatkan keterampilan dan bisa membantu menambah perekomian keluarga, pesan SU.(ayu)