oleh

Minim Pelanggaran, Bawaslu Siak Pastikan Seluruh Parpol Tetap Tertib Jelang Pencoblosan

Rakor persiapan Pemilu 2019 yang ditaja Bawalsu Siak.

SIAK SRI INDRAPURA – Pesta Demokrasi pemilu serentak 2019 sudah sangat dekat. Berbagai kesiapan telah dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk pelaksanaan Pemilu yang aman, lancar serta kondusif. Setiap kegiatan jelang pelaksanaan Pemilu, Parpol di Siak terbilang baik.

“Saya yakin Pemilu di Siak ini berjalan damai dam kondusif. Pelanggaran sangat minim dilakukan parpol, contohnya kegiatan tanpa STTP, apalagi pelanggalan lainnya,” kata Ketua Bawaslu Siak, Mohamad Royani saat Rakor dalam rangka sinergitas kesiapan Pemilu 2019 di Hotel Grand Mempura, Kamis (11/4/2019). 

banner 300x250

Roy juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Polres Siak, TNI, dan semua pihak terkait yang sudah mendukung terlaksananya setiap kegiatan Bawaslu menjelang 17 April 2019. 

“Berkat dukungan semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan Pemilu ini, setiap kegiatan yang kami lakukan berjalan dengan baik. Tahapan demi tahapan tidak ada kendala,” katanya. 

Sebelum masuk hari tenang, kata Roy, seluruh alat peraga kampanye (APK) yang ada harus ditertibkan. Parpol maupun para calegnya juga diharapkan dapat berkerja sama membuka alat peraga kampanye mereka.

“Saat memasuki hari tenang nanti, kami tegaskan tidak ada lagi kampanye apapun termasuk segala alat peraga kampanye. Mohon kita saling bersinergi menciptakan pemilu yang tertib di Kabupaten Siak ini,” katanya. 

Hal senada juga disampaikan ketua KPU Siak Ahmad Rizal SH saat mengisi Rakor tersebut.  Hmbau terkait pembersihan alat kampanye ini merupakan aturan yang sudah diketahui setiap Parpol. 

“13 April 2019 tepat pukul 00.00 WIB merupakan batas akhir untuk keberadaan seluruh alat peraga kampanye yang di tempat umum. Baleho capres, calon DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD untuk Kabupaten Siak,” kata Ahmad Rizal. 

Hadir dalam Rakor tersebut dari unsur Polri, TNI, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri Siak, masing-masing perwakilan Parpol, dan tokoh masyarakat.