oleh

Karmidi Tercatat Sebagai JCH Tertua Asal Rohil

BAGANSIAPIAPI – 245 orang JCH (Jamaah Calon Haji) asal Rokan Hilir yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada musim haji Tahun 1440 Hijriah Tahun 2019. Tercatat usia tertua atas nama Karmidi (86) warga Kepenghuluan Sidorukun Simpang Pujud Kecamatan Bagan Senembah dan termuda atas nama Muhammad Irvan (18) warga Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih.

banner 300x250

Hal ini terungkap saat Wakil Bupati Rohil Drs.H.Jamiludin saat membuka Bimbingan Manasik haji di Gedung Misran Rais Bagansiapiapi.

‘’Hari ini saya merasa senang dengan kesempatan membuka resmi acara manasik haji, apalagi ada JCH kita tertua atas nama Pak Karmidi (86) seorang petani yang terlihat sumbringah dan segar bugar hadir bersama kita ,ada yang termuda atas nama Muhammad Irvan (18). Manasik ini sangat berarti untuk JCH sebagai bekal nantinya menjalankan ibadah haji,,’’ ucap Drs.H.Jamiludin

Drs.H.Jamiludin menyebutkan Pemkab tetap membantu biaya domestik sebagaimana tahun lalu karena itu JCH hrus menjaga kesehatan dan banyak-banyak melatih diri untuk mempersiapkan fisik karena alam dan kondisi di tanah Harmain Makah dan Madinah jauh berbeda dengan Rohil, ‘’Perbanyak latihan fisik,jaga kesehatan, persiapkan diri dengan baik, manasik ini diharapkan menambah pengatahuan bagaimana menjalankan atau mengerjakan ibadah nantinya dengan baik,‘’ ajak orang nomor dua di Pemkab Rohil ini.

Sementara itu Kemenag Rohil H.Agustuiar yang diwakili Kasi Haji dan Umrah H.hasbullah Hamzah menyebutkan seluruh JCH saat ini ada 245 orang dari seluruh Kecamatan di Rohil dan akan mengikuti manasik haji sejak Kamis-Minggu mendatang (25-28/4) di Bagansiapiapi, ‘’Manasik diikuti 245 orang JCH ,inilah yang akan berangkat nantinya menunaikan ibadah haji, kalau soal bertambah tentunya akan berpatok kepada kuota atau porsi atau ada penambahan,kita mendatangkan pembimbing manasik haji untuk memberikan teori maupun praktek di lapangan, ‘’ aku H Hasbullah Hamzah.

Seperti yang diharapkan Wakil Bupati Rohil, Kasi Haji dan Umrah  Kemenag Rohil mengaku terus memonitor JCH dan memberikan informasi terkini atau terbaru kepada JCH dengan bantuan kepala KUA daerah masing-masing, ‘’Informasi akan kami berikan dan untuk administrasi atau cek kesehatan akan kita dampingi, ‘’terang H Hasbullah Hamzah dengan menambahkan untuk TPHD (Tim Petugas Haji Daerah) kali ini di emban Ustaz baharudin Ketua Baznas Rohil dan TKHD(Tim Kesehatan Haji daerah) di amanahkan kepada dokter Siti Sulastri sekaligus menyertai jamaah haji asal Rohil.

CJH yang tertua Karmidi (86) dan termuda Muhammad Irvan (18) menyebutkan akan mempersiapkan diri dengan baik agar dapat menjalankan ibadah haji dengan baik di tanah Harmain Makkah dan Madinah, ‘’Semoga Allah memberikan kami kesempatan dan kemampuan, doakan tetap sehat dan semangat,’’ ucap Karmidi yang diapit Sekretaris Bapemas Rohil H.Mulyadi Masri.S.Sos. (yan)