oleh

Kemenag Siak Persiapkan 250 CJH Ikuti Simulasi Embarkasi Haji Antara Riau

SIAK SRI INDRAPURA – Sebanyak 250 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Siak sudah melakukan pelunasan. Ditargetkan sekitar 260 orang CJH asal Kabupaten Siak yang akan berangkat melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekah tahun 2019 ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak, H Muharrom mengatakan dari 250 orang tersebut 2 diantaranya mutasi masuk dari Provinsi Lampung. 

banner 300x250

“250 orang itu kan baru yang melunasi administrasi tahap pertama. Mudah-mudahan tahap kedua nanti menjadi 250 orang,” katanya kepada GoRiau.com, Jumaat (26/4/2019) usai mengikuti Tabligh Akbar di Masjid Islamic Center. 

Untuk usia, CJH asal kabupaten Siak tahun 2019 ini masih mayoritas usia 40 tahun ke atas. “Artinya mereka harus menjaga kesehatan sedini mungkin agar nanti fisiknya kuat mengikuti seluruh kegiatan ibadah haji,” sebut Muharrom lagi. 

Mengenai persiapan sebelum keberangkatan, CJH Siak selain harus mengikuti 3 tahap lagi Manasik Haji mulai dari Mandiri hingga Manasik Kabupaten, CJH juga akan mengikuti simulasi Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau di Pekanbaru. 

“Sesuai dengan KMA ( Keputusan Menteri Agama) Nomor 167 tahun 2019 tentang EHA Provinsi Riau, pelaksanaan haji susah menerapkan  Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau. Simulasinya akan dilakukan nanti 2 Mei oleh PPIH ( panitia penyelenggaraan Ibadah Haji), bagaimana penerimaan serta pemberangkatan nanti akan diperagakan di sana agar CJH paham,” sebutnya. 

Muharrom juga berharap setiap rangkaian kegiatan menjelang keberangkatan haji, CJH Siak dapat mengikutinya. “Menariknya tahun ini CJH dari Siak tidak singgah ke embarkasi Batam lagi, dari Pekanbaru naik pesawat ke Hang Nadim Batam, kemudian pindah pesawat Saudi,” tutupnya.