oleh

Adianggoro dan Aida Afriani Terpilih Jadi Duta Bahasa Riau 2019

PEKANBARU – Devara Diadema Adianggoro dan Aida Afriani terpilih sebagai finalis tahun Duta Bahasa Riau 2019. Keduanya menyisihkan 20 pasang peserta pada malam final yang digelar di Hotel Premiere, Pekanbaru.

“Nggak nyangka, dengan proses yang kami lalui padahal peserta lain hebat-hebat,” kata Devara di Hotel Premiere Pekanbaru, Minggu (28/4/2019).

banner 300x250

Aida juga menyampaikan pesan ke generasi muda untuk mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing.

“Jangan pernah malu menggunakan bahasa daerah sebagai identitas diri dan teruslah mengutamakan bahasa Indonesia,” tambah Aida.

Tahapan penilaian pemenang ini tidak hanya dilakukan pada puncak acara, namun telah berlangsung sejak tahap seleksi yang dimulai pada bulan Maret 2019.

Rangkaian tes yang dilalui adalah tes tertulis, psikotes, wawancara, serta peserta harus memiliki Uji Kemanahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) sebagai persyaratan baru yang diterapkan saat seleksi. Selain itu juga harus memiliki wawasan atau pengetahuan, baik itu mengenai kebahasaan, budaya, maupun umum.

Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum, menyampaikan apresiasi kepada finalis yang terpilih.

“Diharapkan duta yang terpilih menjadi wakil Riau pada ajang tingkat nasional dan menjadi pemenang dan bisa mengharumkan nama daerah asal,” kata Dadang. Duta bahasa nasional akan dilaksanakan di Jakarta, pada bulan Agustus 2019 mendatang.