oleh

Baznas Kepulauan Meranti Distribusikan Zakat ke 385 Mustahiq

SELATPANJANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti melakukan pendistribusian dana zakat kepada 385 Mustahiq yang berada di Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Bertempat di Halaman Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang, Kamis (2/5/2019).

Dihadiri Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Kepulauan Meranti, Said Asmarudin, Ketua Baznas Kepulauan Meranti, Sunarto, Kepala Cabang Bank Riau Kepri Selatpanjang, Indra Gunawan, dan beberapa pejabat Pemkab Kepulauan Meranti lainnya.

banner 300x250

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Kepulauan Meranti, Sunarto mengatakan ada berapa zakat dari program yang disalurkan ke mustahiq, diantaranya Program Meranti Produktif, Meranti Konsumtif dan Program Meranti Cemerlang.

Dijelaskannya, Program Meranti Produktif obyeknya adalah orang miskin yang mempunyai kemauan untuk mempunyai usaha dalam meningkatkan perekonomiannya.

“Dalam Program Meranti Produktif ini mereka diberikan modal untuk membuka usaha. Setiap dua minggu sekali kita lakukan pendampingan dengan memberikan motivasi dan dorongan agar kedepannya bisa mengentaskan kemiskinan, mensejahterakan masyarakat dan mencerdaskan umat. Tidak hanya dibantu secara materi, tapi juga pembekalan secara kerohanian,” kata Sunarto.

Selanjutnya Program Meranti Konsumtif, dimana program ini bersifat bulanan dan tahunan, setiap mustahiq akan diberikan 2 bentuk bantuan yakni beras dan uang tunai.

“Program Meranti Konsumtif ini ada yang dibagikan bulanan dan ada yang tahunan. Untuk Kecamatan Tebingtinggi hari ini kita berikan kepada sebanyak 385 mustahiq dengan beras sebanyak 5 kg dan uang tunai sebesar Rp250 ribu,” kata Sunarto.

Lebih lanjut dikatakan, beras tersebut diambil dari ladang yang berada di Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir yang dikumpulkan oleh UPZ kecamatan.

“Ada lumbung beras untuk simpanan yang diambil dari ladang dan dikumpulkan oleh UPZ. Disana sudah tersedia sebanyak 3 ton untuk dua kecamatan,” ujar Sunarto.

Selanjutnya dijelaskan, ada Program Meranti Cemerlang. Dimana melalui program ini Baznas Kepulauan Meranti mengirimkan lima anak untuk diselolahkan secara gratis.

“Tahun ini kita kembali mengirimkan lima anak Meranti yang notabene adalah Muallaf untuk disekolahkan di Pesantren dan Sekolah Baznas Cendekia Bogor. Mereka akan belajar selama 3,5 tahun dan ditargetkan bisa hafal 5 jus Al Quran,” kata Sunarto.

Kepala Baznas itu juga mengatakan Baznas Kepulauan Meranti sudah eksis dalam menyalurkan dana Baznas. Hal itu terbukti saat pengelolaan keuangan Baznas diaudit, Baznas Kepulauan Meranti mendapatkan prediket Kepatuhan Syariah.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Kepulauan Meranti, Said Asmarudin mengatakan kegiatan yang dilakukan Baznas ini sangat tepat, mengingat bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba.

“Kegiatan ini cukup tepat waktunya karena tidak lama lagi Ramadhan segera tiba. Banyak masyarakat kita yang tidak mampu memerlukan bantuan untuk menghadapi puasa,” kata Said.

Lebih lanjut dia mengajak agar masyarakat Kepulauan Meranti tidak ragu untuk menyalurkan zakatnya ke Baznas Kepulauan Meranti.

“Jangan ragu lagi untuk berzakat di Baznas, karena pengelolaan keuangannya jelas dan sudah diaudit serta mendapatkan prediket ya membanggakan yang tidak didapatkan oleh beberapa Baznas lainnya di Indonesia. Semoga Baznas Kepulauan Meranti tetap eksis dan mengembangkan ide serta program yang baru untuk kemaslahatan umat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Baznas Kepulauan Meranti juga memberikan penghargaan Baznas Award untuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) kecamatan, Dinas dan sekolah, serta Bank.

Zakat Award untuk UPZ kecamatan, peringkat pertama diraih UPZ Kecamatan Rangsang Barat, peringkat kedua diraih Kecamatan Tebingtinggi Barat, dan terbaik tiga diraih Kecamatan Merbau.

Untuk UPZ di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Meranti peringkat pertama diraih UPZ Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, terbaik kedua diraih Dinsos P3AP2KB dan terbaik ketiga diraih Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah.

Untuk UPZ sekolah terbaik, peringkat pertama diraih satu diraih SMP 2 terbaik kedua diraih SMP 3 dan terbaik ketiga diraih SMP 4. Sedangkan UPZ bank terbaik diraih Bank Riau Kepri.