oleh

KPU Kepulauan Meranti Gelar Rapat Pleno Terbuka Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019

SELATPANJANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, Riau menggelar Rapat Pleno Terbuka Hasil Penghitungan Suara di tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti pada Pemilu Tahun 2019, bertempat di Grand Meranti Hotel, Jalan Kartini, Selatpanjang, pada Minggu (5/5/2019).

Dari pantauan GoRiau.com, pelaksanaan sidang pleno dijaga ketat aparat keamanan dari Kepolisian maupun TNI yang bersiaga di sekitar lokasi.

banner 300x250

Sidang pleno juga dihadiri seluruh komisioner KPU, perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Meranti, Panwascam, PPK, dan saksi-saksi, serta sejumlah unsur terkait lainnya.

Penyampaian hasil rekapitulasi dilakukan mulai sekitar pukul 08.30 WIB, hingga sekitar pukul 15.45 WIB, baru tiga kecamatan yang selesai menyampaikan hasil rekapitulasi dari sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pelaksanaan sidang pleno dilakukan dengan pembacaan rekapitulasi hasil penghitungan suara di masing-masing kecamatan untuk suara calon presiden dan wakil, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Kabupaten Kabupaten dan Partai.

Komisioner KPU Kepulauan Meranti Divisi Partisipasi masyarakat, Sosialisasi dan SDM, Hanafi SSos mengatakan bahwa pelaksanaan sidang kemungkinan belum selesai hari ini.

“Kemungkinan tidak selesai hari ini, kemungkinan akan selesai pada esok pagi,” ujar Hanafi.

Dijelaskannya bahwa penyampaian rekapitulasi setiap kecamatan dilaksanakan paling cepat selama satu jam. Disamping itu skorsing sidang untuk istirahat juga menjadi pertimbangan waktu pelaksanaan.

“Nanti sore jam 6 sampai jam 9 kita skorsing sidang karena sholat tarawih, besok kan sudah puasa, jadi wajib kita skor,” ujarnya.

Hanafi menyampaikan bahwa berharap pelaksanaan sidang pleno bisa selesai dengan cepat. Walauapun tenggat waktu pelaksanaan pleno tingkat kabupaten kota yang ditentukan KPU Pusat tanggal 7 Mei 2019.

“Kita upayakan cepat selesai, hari ini kita targetkan tinggal sisa dua kecamatan, sehingga besok kita lanjutkan bisa selesai,” ungkapnya.