oleh

Ribuan Pelajar dan Warga di Selatpanjang Ikuti Pawai Tarhip Sambut Ramadhan 1440 H

SELATPANJANG – Ribuan pelajar dan elemen masyarakat tumpah ruah dijalan protokol Selatpanjang mengikuti Pawai Tarhip menyambut datangnya bulan penuh berkah Ramadhan 1440 Hijriah, kegiatan syiar Islam yang dikemas dengan acara Sunat masal untuk warga kurang mampu, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis SE MM, didepan Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Sabtu (4/52019).

Hadir bersama Sekda, Perwakilan Kemenag Meranti Ustadz Ismail, Perwakilan Yayasan Fitrah Madani Ustadz Fikri, Ketua FPI Hendrizal, Tokoh Agama/Masyarakat/Pemuda dan Seribuan Pelajar serta Elemen masyarat peserta Pawai.

banner 300x250

Seperti disampaikan oleh Panitia Pelaksana dari Yayasan Fitrah Madani Ustadz Fikri, kegiatan ini terlaksana atas dukungan Pemkab Meranti dalam hal ini Dinas Pendidikan, Kepolisian Polres Meranti, sementara untuk Sunatan Masal Yayasan Fitrah Madani menggandeng Perawat dan Dokter IDI Meranti.

Untuk peserta Pawai Tahrib Sambut Ramadhan 1440 Hijriah terdiri dari ribuan pelajar, mahasiswa, para guru dan elemen masyarakat lainnya. Sementara untuk peserta Sunatan masal berjumlah 80 orang yang berasal dari anak masyarakat kurang mampu.

Menyikapi kegiatan tersebut, Sekda sangat mengapresiasi pihak penyelenggara, menurutnya kegiatan ini merupakan momentum yang tepat dalam menyambut Ramadhan seperti disarankan para ulama dengan suka cita.

“Ada hadis Nabi menyatakan bahwa menyambut Ramadan dengan senang dan gembira, maka kita diharamkan untuk disentuh api neraka,” ucap Sekda mengutip salah satu hadist.

Selain sebagai syiar Islam kegiatan Pawai Tarhip ini juga untuk memberitahu kepada masyarakat non muslim bahwa Ramadhan yang menjadi bulan suci umat Islam telah tiba agar meski berbeda keyakinan tetap menjaga kerukunan dan kondusifitas ditengah masyarakat.

“Sebab tidak semua orang dapat dipertemukan kembali dengan Ramadhan bulan penuh berkah, mari kita sambut dengan meriah mudah-mudahan dalam Ramadhan kali ini kita diberi kekuatan dan kesempatan bisa melaksanakan puasa sampai akhir,” ucap Sekda.

Dijelaskan Sekda puasa merupakan sebuah kewajiban. Oleh sebab itu, amalan wajib yang satu ini, harus dilaksanakan dalam rangka  memperbaiki diri dalam melatih kesabaran. Dan malam harinya disarankan Sekda warga memperbanyak ibadah baca Al-Quran dan Sholat Sunat.

Akhir kata Sekda berharap bulan puasa tahun ini menjadikan Ramadan yang terbaik bagi semua umat muslim yang menjalankannya.

Tak lupa memasuki Ramadhan 1440 Hijriah kali ini Sekda juga mengucapkan permohonan maaf kepasa seluruh masyarakat Meranti karena yang namanya manusia tak terlepas dari salah dan khilaf.

“Atas nama pribadi dan Pemkab Meranti saya mengucapkan Selamat Ramadhan 1440 Hijriah mohon maaf lahir dan Bathin,” pungkas Sekda Yulian Norwis.

Sekedar informasi, Pawai Tarhip menyambut Ramadhan yang digelar kali ini berlangsung aman dan tertip, para peserta dibawah pengawalan Satlantas Polres Meranti mengelilingi jalan protokol Selatpanjang dengan khidmat dengan tetap menjaga kebersihan dan kondusifitas. (rls)