oleh

Berusia 33 Tahun, Mesjid Al Falah Perlu Renovasi

BAGANSIAPIAPI – Potret usang Mesjid Al Falah Tanjung Rukam Kepenghuluan Panipahan Darat Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir, Riau yang sudah berdiri tahun 1986 lalu kini sudah usang.

Mesjid berusia 33 tahun itu kondisinya memprihatinkan. Lantai dan dinding papannya sudah lapuk dan keropos, atap seng bocor, tikar plastik juga sudah usang. Begitu juga sarana lainnya.

banner 300x250

Warga setempat Selasa (7/5), berharap mesjid itu direnovasi karena khawatir sewaktu-waktu ambruk ke tanah karena di makan usia.

“Mesjid Al Fatah didirikan Tahun 1986 lalu, hingga sekarang belum pernah direnovasi, jika ada perbaikan yang penting-penting saja, inilah kondisinya cukup memprihatinkan,” ucap Umar (43) warga setempat.

Namun masyarakat setempat selama Ramadhan tetap sholat berjamaah di mesjid yang dulunya kebanggaan Tanjung Rukam ini.

“Mesjid ini kebanggaan masyarakat disini, seiring waktu kondisinya butuh perhatian kita semua,” ucap Umar dan warga lainya.

Tanjung Rukam Kepenghuluan Panipahan Darat Kecamatan Pasir Limau Kapas merupakan daerah di pinggir pantai atau pesisir Rokan Hilir yang penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan bertani.

“Kalau dulu hasil nelayan besar pak,begitu juga hasil tani, namun saat ini ekonomi sulit, harapan kami mesjid ini suatu ketika Pemkab Rohil membantunya,” harap warga dan menyebutkan jamaah mesjid Al Falah kini membentuk Badan Kemakmuran Mesjid dan membuka rekening Bank Nomor 8155-01-004040-536 di BRI setempat.

Untuk menggugah hati masyarakat Panipahan di perantauan seorang warga meposting photo mesjid Al Falah dari berbagai sudut.”Kami membaca postingan saudara Nurdin Anggara, sejak diposting banyak komentar netizen untuk mengharapkan renovasi mesjid tersebut,” ucap Marwin berharap mendapat perhatian Pemkab dan memasukannya ke daftar rumah ibadah yang akan menerima bantuan sosial dari Kesra Setdakab Rohil. (yan)