oleh

Tiru Malaka, Tepian Bandar Sungai Jantan Siak Bakal Ramai Speed Boat dan Perahu Hias

SIAK SRI INDRAPURA – Masuk Nomimasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 kategori Destinasi Terpopuler di Indonesia, Tepian Bandar Sungai Jantan Siak akan terus disolek semenarik mungkin oleh Pemerintah Kabupaten Siak, Riau dengan menggandeng Melaka River Cruise.

Bupati Siak Drs H Alfedri didampingi Sekda Siak, Tengku Said Hamzah saat ditemui GoRiau.com di ruang kerjanya mengatakan dalam waktu dekat di Tepian Bandar Sungau Jantan Siak Sri Indrapura akan ada Boat, atau kapal penumpang untuk wisatawan yang akan menyeberang ke Kecamatan Mempura.

banner 300x250

“Kita bahagia dengan kabar baik Tepian Bandar Sungai Jantan Siak masuk Nominasi API 2019. Tapi sebelumnya kita juga sudah melakukan MoU dengan  Melaka River Cruise untuk membuat tampilan Tepian Sungai Jantan ini seperti sungai-sungai di Malaka – Malaysia,” kata Tengku Said Hamzah, Rabu (22/5/2019).

Kerjasama dengan Malaka untuk mempercantik Tepian Bandar Sungai Jantan ini sudah disepakati sejak sehari Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta. Sehingga kini tinggal merealisasikan wacana-wacana yang telah dibuat.

“Saat itu pak Syamsuar masih Bupati Siak, yang namanya untuk pengembangan pariwisata, beliau dari dulu memang sudah berkomitmen untuk mengembangkan. Bahkan ketika sekarang sudah menjadi orang nomor 1 di Riau, beliau tidak akan melupakan Siak begitu saja,” kata Putra asli daerah Siak yang disebut-sebut akan mengikuti Pilkada Siak mendatang. 

Selain Boat, kata Tengku Said Hamzah, ada perahu hias juga nanti yang akan memenuhi tepian Bandar Sungai Jantan. Pengunjung yang datang ke Istana Siak tentunya juga akan mengunjungi Tepian Bandar Sungai Jantan yang memiliki view indah baik siang hari ataupun saat malam dengan lampu-lampu warna dan terang.

“Tepian Bandar Sungai Jantan ini diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Siak pada akhir tahun 2016. Terbukti sejak tahun baru 2017 Tepian Bandar Sungai Jantan Selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Masyarakat akan digerakkan untuk menghias perahu-perahunya semenarik mungkin,” kata Sekda.

Kedepannya, tepian Kecamatan Mempura itu juga akan dibuat Turap seperti di Tepian Sungai Jantan. Nah ini akan menjadi tempat yang sangat menarik dan menyodot perhatian wisatawan untuk terus datang ke kabupaten Siak.  

“Karena masih di komplek Istana Siak juga banyak objek wisata lainnya yang merupakan peninggalan kerajaan Siak. Ada juga air mancur menari seperti di Singapura yang selalu menyala malam hari pada hari-hari tertentu, makam sultan Siak serta masjid peninggalan kerajaan kerajaan Siak,” sebutnya.