oleh

Istimewanya Gemar Siak Berzakat VI, Tiga Petinggi di Riau Menjadi Amil

SIAK SRI INDRAPURA – Gerakan Masyarakat Siak Berzakat VI yang berlangsung di Masjid Sultan Syarif Hasyim atau Islamic Center ini dihadiri oleh para petinggi dari Pemprov Riau seperti Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Wakil Gubernur Edy Natar Nasution beserta Sekda Provinsi Riau, Ahmad Hijazi.

Ketua Baznas Kabupaten Siak, Abdul Rasyid Suharto Pua Upa saat memulai acara mengatakan sangat rasa syukurnya dengan datangnya para petinggi-petinggi Riau yang nanti akan menjadi Amil Zakat dalam Gemar Siak Berzakat VI.

banner 300x250

“Baznas Siak sudah menyakurkan zakat lewat Siak Dakwah, Siak Peduli, Siak Cerdas, Siak Sehat, Siak Sejahtera. Khusus untuk Siak Sejahtera itu dialokasikan 60 persen untuk masyarakat dari zakat yang masuk,” katanya dengan harapan target Gemar Siak Berzakat VI ini mencapai Rp2,1.miliar. 

Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi pun mengaku Gemar Siak Berzakat VI ini sangat istimewa jika dibandingkan dengan tahun-tahun lalu. 

“Meningkatkan antusias masyarakat Siak berzakat saat ini tak lepas dari peran pak Syamsuar saat menjabat Bupati Siak. Beliau yang terus mensosialisasikan zakat serta mewajibkan ASN berzakat ini mampu menggerakkan hati umat muslim untuk berzakat,” sebut Alfedri. 

Selain rutin mensosialisasikan zakat ini dalam setiap kegiatannya ke 14 Kecamatan di Siak, dulunya Gubri bersama dirinya yang saat itu masih menjabat wakil Bupati Siak juga rutin melakukan safari jumaat dan mengajak masyarakat berzakat melalui badan amil zakat yang resmi seperti Baznas Siak.  

“Makanya sekarang sudah terbukti, jumlah zakat di Kabupaten Siak terus meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai Rp 11 miliar. Seperti yang disampaikan Ketua Baznas tadi, hampir 60 persen zakat yang masuk itu dari masyarakat biasa sisanya baru ASN,” sebutnya.  

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi menyebutkan perkembangan zakat di Siak ini cukup tinggi dibandingkan sejumlah Kabupaten lainnya di Riau. Kabupaten terdekat seperti Bengkalis saja baru berhasil mengumpulkan zakat senilai Rp500 juta sementara Siak sudah mendacapi Rp11 miliar lebih. 

   “Tadi malam saya Safari Ramadan di Bengkalis, dari perbincangan saya dengan Baznas di sana mereka baru berhasil kumpulkan Rp 500 juta. Nilai itu lebih sedikit dari tahun pertama Siak menerapkan zakat yakni Rp 450 juta,” katanya menyampaikan ucapan terimakasih atas jemputan Baznas Siak. 

Kata Gubri, Pemprov Riau juga akan membuka Gemar Riau Berzakat perdana.   ia akan mengumpulkan semua lembaga zakat yang ada di Riau seperti Laznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan lainnya di Provinsi untuk menyamakan persepsi membantu masyarakat miskin di Riau. 

“Lembaga zakat selain Baznas ini juha sangat potensial dalam pengumpulan zakat. Seperti Laznas saja dalam setahun berhasil mengumpulkan Rp 6 miliar. Artinya program santunan untuk masyarakat miskisn dari lembaga zakat yang ada di Riau ini sangat membantu pemerintah daerah,” kata Syamsuar. 

Pada akhir acara, Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan zakatnya yang diterima oleh Bupati Siak Alfedri sebagai Amil dalam kegiatan Gemar Siak Berzakat VI ini. Selanjutnya Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda Riau menjadi Amil dan menerima zakat dari perusahaan di Siak serta OPD di lingkup Pemkab Siak.