Bank Daerah dan Koperasi di Siak Akan Dikonversi Syariah

Riau, Siak100 Dilihat

SIAK SRI INDRAPURA – Gubernur Riau Syamsuar telah menerapkan kebijakan mengkonversi Bank Riau Kepri menjadi Bank Riau Kepri Syariah. Untuk mempersiapkan SDM yang mumpuni diperbankan dan sistem keuangan syariah, Pemkab Siak telah melakukan MoU dengan beberapa lembaga pendidikan terkait.

Hal itu dikatakan Bupati Siak Alfedri saat menghadiri silaturahmi dan buka puasa bersama dengan para pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor dan masyarakat di Kampus 14 Lubuk Jering Sungai Mandau, Senin (27/5/2019).

banner 300x250

“Pemkab Siak sudah melaksanakan MoU kerjasama pendidikan untuk mempersiapkan SDM dibidang ekonomi dan keuangan syariah, dengan Yayasan Tazkia dan DR H Syafei Antonio. Ada 100 orang putra putri Siak yang diberikan beasiswa pendidika Diploma III untuk entertainer Hafidz dan Strata 1 dibidang Akutansi Syariah, Perbankan Syariah, Hukum bisnis Syariah maupun keuangan Syariah,” kata Alfedri.

Program Beasiswa itu kata dia, terlaksana dengan skema pembiayaan oleh Pemkab Siak sebanyak 70 orang, dan 30 orang dibiayai program CSR PT Persi, PT Siak Pusako dan Baznas Siak, baik untuk anak yatim maupun fakir miskin.

Alfedri dikesempatan itu juga memohon dia dan restu kepada para kiyai dan assatidz, terkait rencana konversi lembaga-lembaga keuangan di Kabupaten Siak menjadi syariah.

“Untuk itu, akan dimulai dengan mengkonversi koperasi menjadi koperasi syariah secara bertahap,” kata Bupati dalam sambutannya dengan sekaligus mengucap rasa syukur karena dapat bersilahturahim dengan para kiyai dan pengasuh salah satu cabang pondok pesantren terbesar di Indonesia itu.

Pemerintah daerah kata dia, mengapresiasi proses pelaksanaan sistem pendidikan di Pondok Pesantren yang berjalan dengan baik, sehingga diharapkan dapat mencetak generasi penerus bangsa dan calon pemimpin masa depan.

  “Kami mengharapkan peran Pondok Pesantren sebagai mitra pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia khususnya dibidang pendidikan dan ekonomi islam, ekonomi syariah, dan peningkatan peran lembaga keuangan syariah,” tambahnya.

Sementara itu Wakil pengasuh Modern Darussalam Gontor kampus 14, Al Ustadz Himmah Azhar Latif menyampaikan rasa syukurnya atas perkembangan kemajuan pondok pesantren ini.

“Apa yang kita petik hari ini merupakan buah ketulusan dan keikhlasan para pendiri pondok pesantren Gontor dan Pewaqif Pondok Darussalam Gontor, yang turut hadir salah satunya bersama kita hari ini bapak Juhri,” kata dia.

  Turut hadir dalam kesempatan itu Asisten Administrasi Pembangunan Jamaludin,  Direktur PT Persi, Camat Sungai Mandau dan sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Sungai Mandau, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Al Ustadz Kyai Haji Syamsul Hadi Abdan, Direktur Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah Ustaz Masyudi Subari.

Selanjutnya, Wakil pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor kampus 7 Ustadz Ma’ruf Chumaidi, Wakil Direktur Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah pondok modern Gontor Putri kampus 7 Ustadz Jamaludin,  Wakil pengasuh Modern Darussalam Gontor Kampus 14 Ustadz Himmah Azhar Latif.