oleh

Saat Padamkan Karhutla, Manggala Agni Pekanbaru Laksanakan Upacara HUT RI di Lokasi Kebakaran

PEKANBARU- Meski terbatas ruang dan waktu, sebanyak 30 orang personel Manggala Agni Kota Pekanbaru yang sedang berjibaku memadamkan api di lokasi kebakaran hutan dan lahan, mereka tidak ingin kehilangan momen kemerdekaan yang dirayakan seluruh masyarakat Indonesia.

Personel Manggala Agni itu menggelar upacara peringatan HUT RI ke-74 di lokasi kebakaran hutan dan lahan yang berlokasi di Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

banner 300x250

Tampak dilokasi, puluhan personel Manggala Agni membentuk barisan di atas tanah gambut yang belum lama terbakar dan aroma gambut terbakar yang menyengat. Juga menaikkan bendera merah putih dengan sebatang kayu yang dibentuk untuk tiang bendera.

Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Pekanbaru, Edwin Putra, mengatakan upacara sengaja dilakukan dilokasi kebakaran karena selain wujud dari kecintaan terhadap NKRI juga untuk efesiensi waktu sehingga apabila upacara telah selesai petugas bisa melanjutkan untuk memadamkan api.

“Sampai hari ini 17 Agustus kita masih melakukan pemadaman di sini. Upacara ini merupakan bentuk kecintaan kita kepada NKRI sehingga kita niatkan melaksanakan upacara langsung di lokasi kebakaran,” sebut Edwin kepada wartawan dilokasi kebakaran, Sabtu (17/8/2019).

Edwin melanjutkan, setelah upacara pihaknya akan mengadakan sedikit perlombaan sebelum mereka akan bergabung kembali dengan prajurit TNI dan Polri untuk kembali menanggulangi titik api.

“Nanti tetap akan ada lomba biar semangat mereka terpompa. Setelah itu, barulah mereka kembali bergabung dengan Satgas Karhutla,” tutup Edwin.

Usai melaksanakan upacara dan perlombaan, Manggala Agni Pekanbaru akan kembali memadamkan api di dua titik di daerah Rimbo Panjang dan Parit Indah