oleh

Masih Dalam Pembahasan, Banggar DPRD Riau Prediksi Pergeseran Dana APBD Perubahan 2019 Hanya Rp300 Miliar

PEKANBARU – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Riau, Aherson mengatakan, bahwa pergeseran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019 diprediksi hanya Rp300 sampai Rp400 miliar.

Dijelaskan Aherson, besaran APBDP ini akan bertambah seiring dengan penambahan dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK).

banner 300x250

“Karena angkanya belum final, kita prediksi ada tambahan dari DAU dan DAK. Tetapi ada juga penurunan dana BOS sebesar Rp37 miliar. Pergeseran-pergeseran dananya hanya Rp300 sampai Rp400 miliar,” kata Aherson, Selasa (20/8/2019).

Sedangkan untuk waktu pengesahan, dirinya belum memastikan. Namun, pihaknya menargetkan APBDP disahkan sebelum anggota dewan periode 2014-2019 berakhir.

“APBD Perubahan akan diketuk palu dalam waktu dekat. Targetnya, kalau bisa sebelum pelantikan dewan,” kata Ketua Komisi V DPRD Riau tersebut.

Dijelaskannya, meskipun realisasi APBD murni masih tergolong rendah, hal tersebut tidak mempengaruhi pembahasan APBDP.

“Kita berfikir bahwa realisasi itu dihitung sebagai ukuran. Kalau realisasi belum banyak, tentu kita tidak tahu berapa uang kita di akhir, itu saja. Makanya semakin tinggi realisasi, semakin mudah untuk menentukan berapa uang yang dibutuhkan di APBDP,” jelas politisi Demokrat tersebut.