oleh

Nama Tengku Buang Asmara dari Siak Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

SIAK SRI INDRAPURA – Bupati Siak Alfedri menyebutkan, di Kabupaten Siak banyak pejuang-pejuang kemerdekaan yang namanya layak diusulkan masuk dalam daftar Pahlawan Nasional. Salah satunya Tengku Buang Asmara, pejuang di masa zaman penjajahan Belanda.

Hal itu dikatakan Alfedri saat menghadiri acara Ramah Tamah Pemerintah Kabupaten Siak dengan para Veteran, Pejuang Angkatan 45, dan anggota PEPABRI dan Warakawuri, sempena peringatan HUT RI ke 74 Tahun 2019 di Gedung Tengku Mahratu(16/8/2019) Jumat pagi.

banner 300x250

“Kami tengah berupaya memperjuangkan nama Tengku Buang Asmara ini menjadi Pahlawan Nasional. Beberapa waktu lalu, untuk melengkapi dokumen kelayakan beliau sebagai Pahlawan Nasional, kami juga sudah ke kantor Arsip Nasional untuk meminta salinan dokumen kuno zaman Kerajaan Siak Sri Indrapura,” sebut Alfedri.

Terkait tentang Dokumen Tengku Buang Asmara ini, kata Alfedri, Kepala Kantor Arsip menyebutkan pernah melihatnya dalam dokumen dari Belanda tentang sejarah Belanda berada di Kota Siak Sri Indrapura.

“Saat ultah Siak nanti insyaAllah kita akan terima dokumen tersebut. Namun untuk saat ini pahlawan yang sangat kita banggakan adalah sultan Syarif Kasim II yang makamnya terletak di samping Masjid Sultan Syahbudin dekat Turap,” kata Alfedri lagi.