Di Inhu, Ular Berkaki Dua Sebesar Tangan Hangus di Lahan Terbakar

Inhu, Riau89 Dilihat

PEKANBARU – Kebakaran hutan dan lahan merugikan dari segala aspek kehidupan. Tak hanya manusia, flora dan fauna juga menjadi korban dari keserakahan pelaku pembakaran.

Seperti temuan tim satgas karhutla di Indragiri Hulu, Riau. Seekor ular berkaki 2 ditemukan mati di areal kebakaran lahan. Kondisi hewan melata yang dijuluki ular tengger itu tampak kering akibat api yang membakar semak belukar tempatnya berlindung.

banner 300x250

“Iya benar, pak. Ular berkaki dua itu dijuluki ular tengger, mati karena terbakar. Tidak terlalu gosong tapi mengering, karena semak-semak tempatnya tidur terbakar,” ujar Kepala BPBD Indragiri Hulu, Widodo saat dikonfirmasi Jumat (20/9).

Saat itu, Rabu (18/9) malam, sekitar pukul 20.00 Wib, petugas pemadam api kebakaran lahan menarik-narik ular yang disangka selang air tersebut karena situasi malam hari. Mereka baru sadar ketika yang ditariknya itu dirasa bersisik. Setelah disenter, ternyata yang dipegang adalah ular

“Setelah di senter memakai alat penerang, petugas kaget terkejut melihat ular yang panjangnya hampir 2 meter itu memiliki kaki di kiri dan kanan. Ada dua kakinya,” kata Widodo.

Menurut Widodo, warga sekitar menyebut ular itu dengan nama ular tengger. Warga juga berpendapat ular itu sejenis ular naga yang ada dalam cerita dongeng, namun berukuran kecil.

“Pada bagian punggung ular dengan ukuran sebesar lengan orang dewasa itu juga ditemukan duri kecil,” jelas Widodo. (gs1)