oleh

Di Kampar, Hanya 2 Unit Armada Pemadam Kebakaran yang Bisa Dioperasikan

BANGKINANG – Ternyata di Kabupaten Kampar, Riau hanya memiliki dua unit armada pemadam kebakaran yang masih berfungsi. Itupun satu unit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.  Sementara kecamatan di Kabupaten Kampar terdapat sebanyak 21 kecamatan dengan 250 desa.

“Armada kita memang sangat terbatas. Cuma 2 unit, salah satunya Bankeu Provinsi Riau tahun 2016,” kata Kepala Bidang Damkar Satpol PP Kampar, Edi Bahrein kepada GoRiau.com, Senin (23/9/2019.

Dengan terbatasnya armada pemadam kebakaran di Kampar ini, pihaknya akui kewalahan mengatasi kebakaran yang terjadi di wilayah Kampar. Apalagi seperti Karhutla yang terjadi pada saat ini.

“Tentunya sangat kewalahan. Apalagi memadamkan kebakaran hutan dan lahan ini. Kemarin saja saya bersama 1 orang anggota dan 3 orang dari BPBD Kampar tumbang saat memadamkan kebakaran lahan di Salo,” ungkap Edi Bahrain.

Pria berkumis ini menyebutkan salah satu membuat pihaknya kewalahan adalah karena jarak tempuh yang sangat jauh saat terjadi kebakaran lahan dan hutan seperti saat ini.

“Jarak tempuh salah satu faktor penyebab kewalahan. Contohnya kemarin setelah memadamkan api di Kecamatan Tambang, kami lansung menuju Salo yang mana juga terjadi kebakaran lahan,” sebutnya.

Edi Bahrain menambahkan bahwa pihaknya dari Damkar Satpol PP Kampar bekerja siang malam memadamkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kampar.

“Yang kita tangani siang malam sudah dua hari ini. Seperti kebakaran lahan di Desa Silam, di Desa Kualu Nenas, di Desa Sungai Lipai dan di Salo Timur. Pagi lanjut memadamkan api kebakaran rumah du Muara Uwai,” ucapnya.