oleh

Pemkab Siak Juara 1 Lomba Kadarkum Provinsi 2019 dan Wakili Riau di Tingkat Nasional 2020

PEKANBARU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak menjadi juara pertama lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi Riau 2019, yang dilaksanakan, Kamis (26/9/2019) kemarin. Tujuan kegiatan ini dalam rangka menetapkan dan meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat.

Lomba ini diikuti 12 regu yang terdiri 11 regu dari kabupaten dan kota di Provinsi Riau dan 1 regu dari Provinsi Riau. Sedangkan yang tidak ikut dalam perlombaan ini, yakni Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

banner 300x250

Kepala Bagian Hukum Setdakab Siak, Jon Effendi mengatakan kepada GoRiau.com, Pemkab Siak terus berupaya menciptakan keluarga sadar hukum di Kabupaten Siak, melalui berbagai kegiatan dan sosialisasi.

“Alhamdulillah, dari lomba ini kita juara pertama dan menjadi wakil Provinsi Riau dalam Lomba Kadarkum Tingkat Nasional 2020 mendatang. Ini semua berkat dukungan dan doa masyarakat Kabupatem Siak, sehingga kita bisa meraih hasil terbaik,” kata Jon kepada GoRiau.com, Jumat (27/9/2019).

Sambung Jon, melalui lomba ini menjadi pemicu untuk membangun keluarga sadar hukum pada masyarakat Provinsi Riau dan terkhusus Kabupaten Siak. Sehingga, wajah Riau tercipta yang damai, aman, tertib, dan kehidupan yang berbudaya hukum.

“Masyarakat di Kabupaten Siak sangat pro aktif dalam membentuk kelompok kader hukum. Yang menunjukkan nilai kader kesadaran masyarakat dan kepaduan hukum yang lahir dari hati nurani setiap warga negara,” ungkap Jon.

Melalui kegiatan ini, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Syah Harrofie berharap, melalui kelompok kader hukum yang sudah terbentuk, kiranya bisa menularkan kepada anggota dan kelompok masyarakat lainnya.

“Sehingga, masyarakatbyang sadar hukum, ikut berperan aktif, serta mengajak untuk membentuk kelompok kader hukum yang baru lainnya,” ujar Ahmad Syah.

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi sangat mengapresiasi lomba kadarkum yang dilaksanakan Kanwil Kemenkumham Riau. Melalui lomba ini, diharapkan bisa memantapkan dan meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat dengan sasaran agar tertib dan patuh terhadap hukum, serta menjunjung tinggi hak asasi manusia.

“Kita berharap, Pemkab Siak mampu mengharumkan nama Pemerintah Provinsi Riau yang mewakili provinsi lomba kadarkum tingkat nasional 2020 mendatang,” jelas Syamsuar. Untuk peringkat kedua diraih Kota Dumai, ketiga Provinsi Riau, keempat Kabupaten Indragiri Hilir, dan kelima Kabupaten Rokan Hulu.