oleh

Kabut Asap Selimuti Pekanbaru Pagi Ini dan Jarak Pandang 2,5 Kilometer, 136 Hotspot di Jambi

PEKANBARU – Pagi ini, Kamis (10/10/20019), sejumlah masyarakat mulai mengeluhkan Kota Pekanbaru diselimuti asap. Secara kasat mata, asap bisa terlihat jelas di Kota Madani. Infor.asi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), jarak pandang di Pekanbaru pukul 07.00 WIB, sekitar 2,5 kilometer dengan kondisi udara kabur.

Data dari citra satelit BMKG, pagi tadi menunjukkan adanya peningkatan hotspot atau titik panas disejumlah provinsi yang berdekatan dengan Provinsi Riau, yakni di Provinso Jambi ada 136 hotspot, Sumatera Selatan 99 hotspot, Lampung 44 hotspot dan Riau ada 18 hotspot.

banner 300x250

Hal iti dikatakan Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno kepada GoRiau.com. Dari 18 hotspot di Riau, tersebar di Kabupaten Indragiri Hulu 9 hotspot, Indragiri Hilir 7 hotspot, Pelalawan dan Kampar masing-masing 1 hotspot.

“Sedangkan hotspot dengan tingkat kepercayaan 70 persen di Kabupaten Indragiri Hulu 6 titik dan Indragiri Hilir 5 titik,” kata Sukisno.

Dari prakirawan BMKG, sambung Sukisno, cuaca pagi ini cerah berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat terjadi disebagian Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Rokan Hulu, dan Kampar.

“Untuk siang hingga sore nanti, cuaca diperkirakan cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disebagian Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu. Malam hari nanti, potensi hujan intensitas dengan ringan hingga sedang dapat terjadi disebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kota Dumai, Kuansing, Pelalawan, Rokan Hulu dan Rokan Hilir,” ungkap Sukisno.