oleh

Memasuki Musim Hujan, DPRD Riau Minta Masyarakat Waspadai Banjir

PEKANBARU – Memasuki musim hujan, masyarakat Riau pun diminta untuk waspada terhadap bahaya banjir dan tanah longsor. Terutama bagi daerah-daerah yang rawan dua bencana tersebut.

“Dulu kita musim kemarau, maka timbulah asap yang sangat mengkhawatirkan di Riau. Sekarang sudah musim hujan lagi, giliran banjir pula. Keduanya sangat dirasakan masyarakat,” kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Asri Auzar di Pekanbaru, Selasa (22/10/2019).

banner 300x250

Karena itu, lanjut Asri, pihaknya meminta agar masyarakat yang berada di sekitar aliran empat sungai besar di Riau untuk mewaspadai banjir dan longsor.

“Makanya kita imbau masyarakat yang tinggal di empat aliran Sungai Rokan, Indragiri, Kampar dan Siak untuk berhati-hari, karena rawan banjir,” sebut politisi Demokrat tersebut.

Selain itu, dirinya juga meminta agar kepala daerah yang belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera membentuk badan tersebut. Menurutnya, di wilayah yang tergolong rawan bencana seperti Riau, kinerja BPBD masih sangat diperlukan.

“Kita berharap agar BPBD Riau mendorong kepala daerah untuk membentuk BPBD di daerah yang belum ada. Karena badan ini digunakan untuk penanggulangan bencana seperti karhutla, banjir, longsor, dan lainnya,” tegas Asri.