Limbah Medis di Pekanbaru Capai Ratusan Ton Setahun

Riau50 Dilihat

PEKANBARU – Limbah medis di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mencapai ratusan ton setiap tahunnya. Limbah medis ini berasal dari puluhan rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Pekanbaru.

“Limbah ini belum termasuk limbah klinik, pusat pengobatan dan laboratorium,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, Muhammad Amin di Pekanbaru, Rabu (8/1/2020).

Ia mengungkapkan, limbah terbanyak berasal dari rumah sakit. Jumlahnya mencapai 502 ton lebih setiap tahunnya.

Dijelaskan Muhammad Amin, limbah tersebut berasal dari 30 rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru. Setiap bulannya limbah medis dari rumah sakit hampir mencapai 42 ton.

“Jadi, diperkirakan setiap harinya limbah medis rumah sakit hampir dua ton,” ulasnya.Sedangkan limbah medis dari Puskesmas hanya dua ton lebih tiap tahunnya. Limbah ini bersumber dari 21 Puskesmas yang menyebar di Kota Pekanbaru.

Muhammad Amin menyebut, pihaknya berupaya mengawasi pengangkutan limbah medis dari rumah sakit, Puskesmas, klinik, rumah sakit bersalin dan laboratorium. Apalagi, pihaknya sudah mendata pihak ketiga yang mengangkut dan mengolah tiap limbah medis.

“Kita punya data rinci pengangkut, pengolah hingga jumlah limbah medis yang diangkut setiap harinya,” jelasnya.