oleh

99 Titik Panas Masih Bermunculan di Pulau Sumatera, Riau ‘Penyumbang’ Hotspot Terbanyak

PEKANBARU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru kembali mencatat kemunculan titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera. Berdasarkan data terakhir yang terupdate citra satelit pada pukul 06.00 WIB, Senin (16/2/2020) pagi, tercatat ada sebanyak 99 titik panas.

Prakirawan BMKG Pekanbaru, Putri Santy Siregar mengatakan, bahwa 99 hotspot di Sumatera tersebut berada di level confidence di atas 50 persen pada pagi ini. Titik-titik panas ini pun tersebar di Provinsi Riau 46 titik panas, Sumatera Selatan 16 titik panas, Bangka Belitung 12 titik panas, Aceh 10 titik panas, Jambi sembilan titik panas, Kepulauan Riau enam titik panas, Bengkulu empat titik panas, dan Sumatera Barat dua titik panas.

“Provinsi Riau yang terbanyak titik panasnya pada Senin pagi ini mencapai 46 titik panas. Namun ini menurun dibandingkan dengan pagi kemarin,” kata Putri di Pekanbaru, Senin pagi.

Lebih detailnya, kata Putri, 46 titik panas tersebut tersebar di Kabupaten Kepulauan Meranti 17 titik panas, Bengkalis 11 titik panas, Dumai sembilan titik panas, Indragiri Hilir (Inhil) enam titik panas dan Pelalawan tiga titik panas.

Kendati demikian, kata Putri, dari jumlah tersebut, diketahui hanya lima titik saja berada di level confidence di atas 70 persen atau diduga sebagai titik api.

“Hanya lima titik api yang terdeteksi dari 46 titik panas. Yaitu dua titik api di Inhil dengan level confidence 78 persen, serta Dumai, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis satu masing-masing satu titik berada di level confidence 90-100 persen,” tukasnya.