oleh

Pemkab dan Bumdes Rohil Gandeng Unilever Indonesia Garap Industri Gula Sawit dan Nipah

BAGANSIAPIAPI – Pemerintah Kabupaten Rokan Hlir Riau dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) akan menggandeng PT Unilever Indonesia untuk menggarap industri gula sawit, kecap dan nipah. Kerjasama yang akan dilakukan dalam waktu dekat dilakukan dengan Bumdes Desa Bakti Makmur.

Broto, tenaga pendamping desa Kepenghuluan Bakti Makmur, Selasa (17/3/2020) mengatakan, dalam waktu satu atau dua bulan ke depan. “Kesiapan pohon sawit siap tebang (peremajaan) paket pertama 3.000 batang, untuk tonase guna 1 container 20 ton dalam seminggu atau 3 ton setiap hari,” jelas Broto tentang kesiapan petani di desa tersebut untuk memenuhi permintaan Unilever.

banner 300x250

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Rokan Hilir, Yandra MSi, Selasa (17/3/2020) mengatakan, pihak PT.Unilever Indonesia telah mengunjungi Kepenghuluan Bakti Makmur dan bertemu perangkat Kepenghuluan dan BUMDes setempat. “Ini buah dan tindaklanjut dari kegiatan coffe morning dengan tema merajut potensi desa kemaren,” ujar Yandra.

Dikatakannya, Pemda Rohil siap mendukung dan PMD memfasilitasi pihak Desa dan BUMDes Kepenghuluan untuk merealisasikan kerjasama tersebut. “Badan Usaha Milik Desa bergerak, ekonomi masyarakat meningkat,” ujar alumni UGM ini.

Yandra menambahkan, PT Unilever Indonesia selain akan bekerjasama dengan BUM Desa Makti Makmur juga akan menjalin kerjasama dengan BUMDesa Kepenghuluan Kubu dan Suak Air Hitam untuk bahan gula dan kecap.

“Potensi desa, usaha industri desa, SDA dan SDM ada, kita berharap ini mampu meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat desa,” harapnya.

Sebelumnya, Bupati Rokan Hilir, H Suyatno meminta setiap kepenghuluan mengoptimalkan modal dengan usaha yang mendatangkan laba dan keuntungan.