oleh

Kampung Merah Putih Wakili Rohil ke Pembinaan Anak Asuh dan Remaja Tingkat Provinsi

BAGANSIAPIAPI – Kampung Merah Putih (KMP) yang sudah akrab dengan masyarakat menjadi wakil Rokan Hilir akan untuk pembinaan anak asuh dan remaja ke tingkat Provinsi Riau. Kampung yang berada di RT1 RW 1 Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko sebelumnya adalah juara pertama di tingkat kabupaten.

“Inisiatif dibentuknya Kampung Merah Putih ini dilatar belakangi niat membangun kampung dan inovasi warga. Kampung Merah Putih ini digagas pemuda dan masyarakat untuk pembangunan kampung,” ucap Wawan Safie SAP, Ketua Pemuda KMP, Sabtu (21/3/2020).

banner 300x250

Dikatakan, pembentukan KMP ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat, kepenghuluan, kecamaan, Bupati Suyatno, Wakil Bupati Jamiludin, Sekda, Ketua PKK dan dinas. “Para tokoh kita sudah sering berkunjung kesini,” tambahnya.

Dikatakan, berkat kreaktifitas pemuda, di KMP juga telah terbentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang memproduksi makanan ringan kemasan, industri kerajinan tangan. “Bahkan pengolahan makanan ringan kemasan sudah banyak pesanan, bahkan ada juga dari Kepulauan Riau dan Sulawesi. Ini sangat membantu sekali untuk meningkatkan pendapatan warga,” ujarnya.

Sementara perhatian dari Pemda juga sudah terlihat dengan seringnya diberikan bimbingan teknis (bimtek), mendapatkan bantuan peralatan sablon dri Diskop UKM, juga ada penyuluhan pangan, pembinaan pemuda hingga pengiriman pemuda ke Balai Latihan Kerja (BLK). “Alhamdulillah, remaja di sini sudah memiliki skill dan produktif,” kata Wawan.

Sementara deretan prestasi yang diukir Pemuda Kampung Merah Putih diusianya yang baru satu tahun sejak diresmikan Bupati Rohil H Suyatno,15 Agustus 2019 lalu adalah meraih penghargaan tingkat nasional Festival Gapura Cinta Negeri RI. Disusul juara pertama Pembinaan Pola Anak Asuh dan Remaja dari PKK Rohil sehingga akan.mewakili Rohil ke Provinsi 2020, kemudian sebagai Philantrophy Program SDGS Bappeda Riau dan Bappeda Rohil.

Sekilas Kampung Merah Putih di Kepenghuluan Parit Aman dulunya desa kecil yang redup, berkat kreaktifitas remaja dan ibu-ibu dengan KMP didukung pemerintah kini sudah maju dan mendapat perhatian serius dengan munculnya usaha kerambah ikan air tawar, pertanian dan sebagainya.