oleh

Seekor Beruang Madu Mangsa Ternak Warga di Bengkalis, Warga Diimbau Waspada dan Jangan Pasang Jerat

PEKANBARU – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menerima laporan kemunculan seekor Beruang Madu di sekitar kebun warga, di Kelurahan Titian Antui, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Satwa liar itu bahkan memangsa ternak warga berupa seekor kambing dan ayam. Beruang juga merusak kebun warga yang ditanami pohon kelapa dan sawit.

banner 300x250

Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro mengatakan, saat menerima laporan tersebut pada Rabu (25/3) lalu, tim rescue Resort Duri dan Resort Dumai segera turun ke lokasi dan berkoordinasi dengan kelurahan untuk menangani hewan yang bernama latin Helarctos Malayanus itu.

“Ternyata, habitat Beruang Madu ini tidak jauh dari lokasi kejadian. Karena sebelumnya, kejadian serupa juga telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir,” uajrnya dalam keterangan pers, Sabtu, (28/3/2020).

Kemudian, untuk mengantisipasi terjadinya konflik lanjutan antara warga dan satwa liar tersebut, Heru mengatakan timnya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Warga diimbau untuk berhati-hati dan tidak membuat Beruang terpancing datang.

“Kita minta agar ternak dikandangkan, dan hindari memancing kehadiran Beruang, seperti membuang sisa makanan sembarangan,” imbaunya.

Ia juga meminta agar warga tidak memasang jerat untuk menangkap satwa tersebut. Beruang Madu adalah salah satu satwa yang dilindungi oleh negara, sehingga tidak diperbolehkan melukai atau membahayakan hewan tersebut.

“Tim kita sudah memasang perangkap di sekitar kebun yang menjadi lokasi kemunculan Beruang itu. Kita juga meminta warga segera menginformasikan apabila Beruang itu kembali terlihat,” pungkasnya.