oleh

Jika Alat PCR Tiba, Minggu Depan Laboratorium Covid-19 Riau Sudah Bisa Dioperasikan

PEKANBARU – Juru Bicara Covid-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan, jika alat Polymerase Chain Reaction (PCR) datang pada minggu ini, maka pihaknya dapat langsung melakukan kalibrasi dan jika sudah running, maka pemeriksaan swab sudah bisa dilakukan di laboratoriun Covid-19 RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

“Dengan adanya alat ini nanti diharapkan pemeriksaan Covid-19 dapat dilakukan dengan cepat dan hasilnya juga bisa diperoleh dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Indra saat mengikuti video conference di Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Selasa (7/4/2020).

Sementara itu, Kepala Diskes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah memesan alat ini keluar negeri dengan kapasitas 100 sampel perhari dan saat ini sudah berada di Singapore.

“Semoga alat ini segera dapat dioperasionalkan sehingga hasil lab dapat diperoleh dengan cepat dan tidak bergantung ke Jakarta lagi,” ujarnya.

Masih di kesempatan yang sama, Kadiskes juga menanyakan tentang pelaksanaan pemeriksaan rapid test di kabupaten dan kota. “Kami berharap rapid test yang sudah didistribusikan segera dapat dilakukan pemeriksaan dan laporan dapat kami terima segera,” kata Mimi.