oleh

DPRD Bengkalis Sentil Sejumlah Perusahaan Besar Tak Peduli Bantu Tangani Covid-19

BENGKALIS – DPRD Kabupaten Bengkalis menyentil sikap sejumlah perusahaan besar yang beroperasi di Negeri Junjungan tak peduli terhadap penanganan Covid-19.

“Kita mengingatkan sejumlah perusahaan yang tidak berkontribusi dan peduli membantu pemerintah dalam menangani Covid-19. Penanganan Covid-19 tidak hanya tanggung jawab pemerintahan semata, tapi juga butuh kontribusi perusahaan,” ujar Ketua Komisi I DPRD Bengkalis Zuhandi, Selasa (7/4/2020).

banner 300x250

Zuhandi menilai kepedulian sejumlah perusahaan besar di Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana masih minim. Diantaranya Badan Operasi Bersama (BOB), PT. Bumi Siak Pusako, PT. Sinar Sawit Sejahtera (SSS), PT. Surya Dumai Agrindo (SDA), PT. Bukit Batu Hutani Alam (BBHA) dan PT. Sakato Pratama Makmur (SPM).

“Kita berharap perusahaan-perusahaan ini dapat membantu masyarakat dan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Begitu juga perusahaan-perusahaan besar lainnya yang beroperasi di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis,” tegas Zuhandi.

Kepada Pertamina RU II Sungai Pakning yang telah membantu APD untuk Tim Medis di Puskesmas Bukit Batu dan Siak Kecil untuk penanganan Covid-19, DPRD sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kepedulian tersebut.

Hal yang sama diungkapkan Anggota Komisi I DPRD Bengkalis, Sugianto. Ia sangat menyayangkan sejumlah perusahaan besar yang tidak peduli, padahal mereka memiliki dana CSR yang bisa digunakan untuk membantu penanganan Covid-19.

“Contohnya saja perusahaan sekelas BOB-PT. Bumi Siak Pusako sampai saat ini kepeduliannya untuk membantu penanganan Covid-19 masih belum ada. Kita tunggu saja dalam beberapa hari ini,” tegas Sugianto.

“Dengan kondisi sekarang yang sangat memprihatinkan akibat pandemi virus corona ini, kita minta kepedulian perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bengkalis baik migas maupun non migas untuk dapat mengeluarkan program CSR-nya,” tambah Anggota DPRD Bengkalis, Sanusi.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Bengkalis, Adri, mengungkapkan rasa terimakasih kepada perusahaan yang sudah menyalurkan bantuan melalui program CSR ke Kabupaten Bengkalis, seperti PT. Sumatera Riang Lestari (SRL) yang akan menyalurkan satu set alat pemadam kebakaran dan Pertamina RU II Sungai Pakning yang telah membantu Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis penanganan pencegahan Covid-19.

“Saya mengimbau kepada perusahaan-perusahaan yang belum menyalurkan bantuannya supaya sama-sama turut berpartisipasi untuk membantu pemerintah dalam penyediaan alat penanggulangan kebakaran hutan termasuk penanganan pencegahan wabah Covid- 19 yang kita hadapi,” pinta Adri.