oleh

Ratusan Warga Meranti Berbondong-bondong Datangi Kantor Disnaker

SELATPANJANG – Ratusan warga Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau berbondong-bondong mendatangi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-Naker) untuk meminta kartu Pra Kerja, Rabu (8/4/2020) pagi.

Kedatangan ratusan warga saat ditengah pandemi virus Corona atau Covid-19 tentu menjadi perhatian semua pihak dan cepat ditanggapi oleh Pemda dan kepolisian dengan melakukan pembubaran.

banner 300x250

“Sudah dibubarkan karena untuk saat ini memang tidak boleh berkumpul atau berkerumun, kemudian solusinya data ini untuk pendataannya diserahkan ke desa dan lurah, jadi mereka yang mendata. Kemudian, data dari desa atau lurah pula kami menerima untuk dikirim ke provinsi,” ujar Kabid Tenaga Kerja DPMPTSP-Naker Meranti, Syarifuddin Y Kai, kepada GoRiau.com, Rabu (8/4/2020) siang.

Dijelaskannya, dalam mendaftar sebagai pemegang kartu Pra Kerja petunjuk pelaksanaannya dengan regulasi yang tertuang dinilai sudah cukup jelas. Pendaftaran kartu Pra Kerja dilakukan di situs prakerja.go.id. Calon pendaftar diminta untuk mengisi data sesuai dengan informasi sebenarnya. Jika tidak bisa melakukan pendaftaran secara online, masyarakat cukup mendatangi kantor desa dan kelurahan. Lengkapi data diri dan isi blangko yang telah disediakan.

Untuk diketahui, adapun persyaratan yang harus dipenuhi calon pendaftar sebelum melakukan pendaftaran yakni, calon pendaftar harus berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, calon pendaftar merupakan lulusan SMA/SMK dan perguruan tinggi, dan yang boleh mendaftar di prakerja.go.id adalah masyarakat yang mengalami PHK, dan pegawai yang ingin menambah keterampilan dalam bekerja.