oleh

Kunjungi Korban Kebakaran, Suyatno: Administasi Kependudukan Itu Penting

BAGANSIAPIAPI – Bupati Rokan Hilir Riau, H Suyatno mengingatkan warganya agar melengkapi administrasi kependudukan agar memudahkan dalam berurusan. Jika tidak memilikinya, banyak kendala yang akan diperoleh, termasuk dalam menerima bantuan dari pemerintah.

Demikian disampaikan Suyatno saat berkunjung ke rumah korban kebakaran di Darussalam, Sungai Bakau, Sinaboi, Jumat (29/5/2020).

banner 300x250

Dikatakan, korban kebakaran yang kehilangan rumah di Sinaboi tidak bisa mendapatkan bantuan pembangunan rumah layak huni karena tidak memiliki adminitrasi kependudukan meski yang bersangkutan sudah enam tahun berada di Sinaboi. Korban sebelumnya adalah warga Sumatera Utara.

Padahal, kata Suyatno, jika memiliki administrasi kependudukan dan memiliki tanah sendiri, warga tersebut bisa mendapat bantuan rumah layak huni melalui Dinas PUPR. “Sekarang karena tidak lengkap, kita hanya bisa memberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai.

“Jadi sekarang kita dengan berat hati hanya bisa memberikan bantuan sembako, pakaian dan uang,” ujarnya yang saat berkunjung didampingi Camat Sinaboi T Hasyim dan Kapolsek Sinaboi AKP Evi Hermanto, Jumat (29/5/2020).

Sementara itu Camat Sinaboi T Hasyim menyebutkan, korban yang rumahnya terbakar bernama Ahmad Yani berasal dari Sumut dan berstatus penjaga kebun milik Zakifri. Ahmad Yani sudah enam tahun tinggal di Sungai Bakau namun tak mengurus KK, KTP dan surat pindah sehingga hingga saat ini masih berstatus warga Sumut.

“Ini pelajaran kita semua, bagaimana pentingnya administrasi kependudukan, terlebih jika ada peristiwa seperti yang dialami Ahmad Yani ini,” sebutnya.