oleh

Masuk Zona Hijau, Hanya Sekolah di Rohil yang Boleh Terapkan Pembelajaran Tatap Muka

PEKANBARU –Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, bahwa hanya sekolah yang berada di wilayah zona hijau saja yang diperbolehkan menerapkan proses pembelajaran tatap muka di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Ini sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Menteri Pendidikan sudah menyampaikan kalau proses belajar mengajar secara tatap muka hanya diperbolehkan bagi daerah yang masuk zona hijau. Dan di Riau ini hanya Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang masuk zona hijau,” kata Mimi di Gedung Daerah Provinsi Riau, Selasa (16/6/2020).

banner 300x250

Pelaksanaan proses belajar mengajar secara tatap muka ini, kata Mimi, juga tidak sembarangan. Harus tetap mematuhi protokol kesehatan, diantaranya seperti siswa wajib memakai masker, jarak siswa di dalam kelas diatur, suhu tubuh siswa diukur sebelum masuk, menyediakan tempat cuci tangan, dan mempersingkat waktu belajar.

“Sekolah harus menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat. Lalu, murid tidak boleh jajan di kantin, tidak boleh berolahraga dan mengikuti ekstrakurikuler. Bahkan, jika ada orangtua yang tidak mengizinkan anaknya sekolah, pihak sekolah tidak boleh memaksa anak tersebut harus ke sekolah,” ujarnya.

Kemudian, bagi guru yang akan mengajar di sekolah, juga diwacanakan dilakukan rapid test, sehingga dari hasil rapid test ini bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di sekolah.

“Rapid test ini sedang disiapkan bagi guru yang akan mengajar,” tukasnya.