oleh

Pemcam Tebingtinggi Sediakan ‘Ruang Sedekah’

SELATPANJANG – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Tebingtinggi menyediakan ruang sedekah bagi yang ingin berbagi rezekinya dalam upaya membantu warga yang kurang mampu.

Camat Tebingtinggi, Rayan Pribadi SH mengungkapkan bahwa ada empat program yang disiapkan sesuai dengan kemampuan para dermawan diantaranya ‘Serbu Selat’ atau lebih dikenal dengan Sehari Seribu Selatpanjang, ‘Gesek Terus’ atau lebih dikenal dengan Gerakan Sedekah Sebutir Telur Secalung Beras, ‘Senasib’ atau lebih dikenal dengan Sedekah Nasi Bungkus, dan program ‘Bersama’ atau bedah rumah swadaya masyarakat.

banner 300x250

Kemudian, kata Rayan, jika keempat program inovasi tersebut saling berkorelasi, dari nominal paling kecil hingga paling besar sehingga tidak ada ruang pembatas antara kaya dan miskin yang ingin berbagi rezeki.

“Jadi program ini berkorelasi dan saling keterkaitan, dimana Pemcam Tebingtinggi memfasilitasi ruang sedekah bagi masyarakat Tebingtinggi yang ingin bersedekah. Kalau ada uang sedikit bisa mengikuti program Serbu Selat, jika rezekinya lebih dari seribu bisa mengikuti program Gesek Terus dan lebih dari itu bisa mengikuti program Senasib dan jika rezekinya banyak bisa mengikuti program Bersama atau bedah rumah,” ujar Rayan.

“Disamping itu kita juga mendorong agar kita semua bisa berbagi walaupun dalam keadaan susah sekalipun, karena itu anjuran agama kita, karena sedekah terbaik adalah ketika kita mampu bersedekah dalam keadaan susah,” ujar Rayan lagi.

Lebih lanjut dikatakannya, program Seribu Selat akan melibatkan relawan seperti Ormas dan remaja masjid.

“Untuk program Seribu Selat ini kita libatkan para relawan seperti ormas dan remaja mesjid untuk ambil bagian menyumbangkan tenaga mereka untuk menggerakkan tong yang kita sediakan. Dimana uang hasil sumbangan tersebut untuk memenuhi kebutuhan rumah yang dibedah, karena tidak hanya pondasi rumah, kita juga membangun pondasi ekonomi mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk program Gesek Terus, Rayan mengatakan meminta bantuan kepada pemilik warung kecil untuk mengumpulkan donasi seharga sebutir telur dan secalung beras. Dan untuk program program Senasib, Pemcam Tebingtinggi bekerjasama dengan pemilik rumah makan.

“Untuk program Gesek Terus ini yang membantu kita adalah pemilik warung kecil. Jadi setiap warga yang berbelanja di warung-warung kecil dekat rumah bisa menitipkan uang seharga secanting beras dan sebutir telur kepada pemilik warung yang sudah melakukan kerjasama dengan pihak kecamatan. Sementara itu untuk program Senasib atau sedekah nasi bungkus kita telah melakukan kerjasama dengan pemilik rumah makan dan mereka bersedia untuk berbagi setiap minggunya,” kata Rayan.

Sedangkan untuk program ‘Bersama atau bedah rumah swadaya masyarakat, pihak kecamatan menggandeng Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan dan Pemukiman (DPU PRPKP) Kepulauan Meranti dan pihak toko bangunan.

“Untuk program Bersama ini kita akan gandeng Dinas PU untuk menghitung biaya bangunan dengan kondisi sederhana dan layak tinggal. Setelah diketahui berapa biayanya kita panggil calon donatur dan Baznas sebagai donatur tetap serta toko bangunan. Dimana kita lelang berapa biaya yang dibutuhkan kemudian kita Surati toko bangunan dan dipanggil ke kantor lalu dilakukan presentasi dan kita minta partisipasi mereka mensukseskan program ini,” pungkasnya Ketua Karang Taruna Kepulauan Meranti itu.