oleh

Jubir Penanganan Covid-19: Masyarakat Riau Jangan Sembarangan Minum Obat Dexamethason

PEKANBARU – Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) belum lama ini menyambut baik temuan awal peneliti Inggris yang menggunakan obat Dexamethasone untuk mengobati pasien corona (Covid-19). Informasi ini pun dengan cepat beredar luas ke publik hingga masyarakat awam yang bahkan tidak paham medis pun langsung mencari obat ini untuk pengobatan.

Apakah obat Dexamethasone aman untuk dikonsumsi masyarakat? Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 di Riau, dr Indra Yovi punya jawabannya.

banner 300x250

Ia mengatakan, bahwa penggunaan obat dexamethasone tidak boleh sembarangan dan wajib di bawah pengawasan dokter.

“Dexamethasone hanya digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 dengan kondisinya sangat berat, kritis atau pasien yang ada di ICU pakai ventilator antara hidup dan mati. Tidak boleh sembarangan dikonsumsi masyarakat secara bebas,” kata Indra kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Sabtu (20/6/2020).

Sebab, berdasarkan hasil penelitian di Inggris, kata Indra, obat dexamethasone ini terbukti tidak memberikan efek menguntungkan bagi pasien dengan penyakit Covid-19 ringan.

“Yang gejalanya ringan kalau diberi obat dexamethasone, justru akan menurunkan daya tahan tubuhnya. Apa lagi kalau sampai diminum oleh orang yang belum kena Covid-19. Jauh lebih berbahaya,” sebutnya.

Sehingga, ia pun meminta agar masyarakat tidak sembarangan membeli maupun meminum obat dexamethasone tersebut.

“Tolong pahami secara medis, masyarakat Riau jangan sembarangan minum obat dexamethasone,” tegasnya.