oleh

PKB Pekanbaru Minta Keseriusan Dinas Kesehatan dalam Program Vaksinasi, Taufik: Akomodir Kelompok Masyarakat yang Bersedia

PEKANBARU – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Pekanbaru, Taufik Arrakhman meragukan komitmen Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam menjalankan program vaksinasi kepada masyarakat.

Pasalnya, Taufik melihat antusias masyarakat yang ingin divaksin tidak dibarengi dengan keinginan pemerintah melalui Dinas Kesehatan untuk mengakomodir hal tersebut. Padahal, saat ini pemerintah pusat terus menggaungkan program vaksinasi ini.

banner 300x250

“Saya mendengar banyak komponen masyarakat yang mengajukan vaksinasi, tapi tidak mendapatkan respon dari dinas terkait,” kata Anggota DPRD Riau periode 2014-2019 ini kepada GoRiau.com, Senin (19/4/2021).

Harusnya, sambung Taufik, Dinas Kesehatan menyambut baik keinginan masyarakat dalam mensukseskan program nasional tersebut, karena bagaimanapun vaksinasi dianggap solusi pemutusan mata rantai covid-19.

Taufik mengaku heran kenapa Dinas Kesehatan tidak memberikan vaksin tersebut kepada masyarakat yang sudah secara sukarela menyatakan kesiapannya untuk divaksin.

“Vaksin itu kan ada masa expired-nya, untuk kalangan prioritas sepertinya sudah 100 persen, jadi ketika ada kelompok masyarakat yang mau divaksin, direspon dengan baik,” tuturnya.

Kalau alasannya mendahulukan prioritas yang sesuai dengan regulasi, menurut Taufik, hal itu sudah berjalan dan program vaksinasi ini juga sudah beberapa bulan dilaksanakan di Kota Pekanbaru.

Pemerintah pusat, sambungnya, pastinya menginginkan supaya program vaksinasi ini bisa menyasar lebih banyak masyarakat. Dan Pemko Pekanbaru semestinya bisa menindaklanjuti program ini dengan baik.

“Bahkan, akibat hoax tentang vaksin itu, masih banyak masyarakat yang menolak, jadi ketika ada kelompok yang mau, ya dimaksimalkan kesempatan tu. Makanya saya lihat Dinas kesehatan ini tidak serius dalam memurus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya.