VIDEO: Detik-Detik Aksi Penyerangan Mobil K-9 Bea Cukai di Pekanbaru Lengkap

Riau63 Dilihat

PEKANBARU – Pasca aksi brutal yang dilakukan oleh orang tak dikenal, yang menyerang mobil dan petugas K-9 Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Riau, polisi buru pelaku, penampakan pelaku jelas di Video yang viral.

Aksi brutal puluhan pria yang tak dikenal itu, menjadi viral dalam sekejap di media sosial lokal bahkan nasional. Sebab, aksi tersebut terekam oleh kamera warga sekitar, dan menunjukkan aksi yang sangat tidak beradab, di tengah Jalan Juanda, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.

banner 300x250

Polisi yang mendapat informasi itu, juta langsung mendatangi lokasi kejadian, dan mengamankan mobil K-9 Bea Cukai yang sudah rusak diserang puluhan OTK itu.

Selain itu petugas juga mengamankan supir mobil K-9 Bea Cukai yang mengalami luka pada bagian kepala. Diduga terkena pecahan kaca mobil.

“Saat ini kita sedang mengejar para pelakunya,” ujar Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya, kepada GoRiau.com, Selasa (20/4/2021).

Terpisah Kasatreskrim Polresta Pekanbaru Kompol Juper Lumbantoruan menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada hari Senin (19/4/2021) malam.

Mobil K-9 Bea Cukai sampai di Jalan Juanda Pekanbaru, saat melakukan pengejaran terhadap satu unit mobil yang diduga membawa rokok ilegal.

“Setelah berhasil melakukan penyetopan di Jalan Juanda. Namun saat itu pengendara mobil bukannya turun, malah memanggil kawan-kawannya yang berkisar 20 orang dengan menggunakan 3 unit mobil. Dan langsung melakukan penyerangan terhadap personel Bea Cukai dan melakukan pengrusakan terhadap mobil dinas yang digunakan saat itu,” terang Kiper.

Atas informasi itu, pihaknya langsung datang ke lokasi kejadian untuk mengamankan situasi, dan melakukan olah Olah Tempat Kejadian (TKP).

“Saat ini tim kita sedang melakukan penyelidikan di lapangan, mengenai keberadaan terduga pelaku,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, mobil K-9 milik Bea Cukai hancur diserang orang tak dikenal, di Jalan Juanda, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, saat mengejar Target Operasi (TO) diduga penyeludup rokok ilegal.

Insiden itu terjadi pada hari Senin (19/4/2021) malam, sekitar pukul 23.00 WIB. Pantauan GoRiau dilapangan, tampak pecahan kaca mobil berserakan di Jalan Juanda.Kemudian mobil berwarna biru, dengan lambang Custums K-9 Unit, plat nomor B 9470 TSC, bewarna biru yang dihancurkan oleh orang tak dikenal itu, terparkir di halaman Mapolresta Pekanbaru, dengan kondisi kaca depan remuk, kaca supir dan pintu belakang supir, dan kaca pintu belakang mobil sudah pecah

Seorang petugas K-9 Bea Cukai, yang tidak ingin disebutkan namanya menjelaskan, kalau mobil tersebut awalnya diminta untuk memblokir jalan di Jalan Juanda Pekanbaru.

Tujuannya adalah menghentikan kendaraan yang diduga membawa rokok ilegal, yang memang sudah menjadi target petugas Bea Cukai.

“Mobil ini kan posisinya back up untuk menghadang TO. Sampai di lokasi kejadian, ternyata mobil ini sudah dipalang dua mobil di depan dan dua mobil dibelakang, disitulah terjadi penyerangan orang-orang itu,” ujarnya kepada GoRiau.com, Selasa (20/4/2021) dini hari.

Akibat penyerangan itu, TO Bea Cukai yang diduga membawa rokok ilegal itu berhasil kabur dari kejaran petugas.

“Targetnya ya lolos, orang massa nya sebanyak itu. Ada korban itu yang membawa mobil, kepalanya luka terkena pecahan kaca sekarang sudah dibawa ke rumah sakit. Kalau temannya sempat keluar dari mobil,” tutupnya.