oleh

Pemkab Siak Dukung Pembangunan Makodim di Kelurahan Rempak

SIAK (Inforiau.ID) – Asisten lll Kabupaten Siak H. Jamaluddin menerima rombongan Dalprog Kodam 1 Bukit Barisan di ruang pertemuan Pucuk Rebung kantor Bupati Siak. Rombongan tersebut terdiri dari Ketua Tim Letkol INF A.T Chris hardjoko (Waas Rendem), Mayor Inf Deden Ika Derajat, Pabanda Rendam I Bukit Barisan selaku Sekretaris, serta Mayor Inf Gortas.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau sekaligus membahas proses pembangunan Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) Siak.

banner 300x250

Pembangunan kantor Kodim di Siak direncanakan sejak tahun 2014, semula lokasi ditetapkan di kecamatan Dayun. Namun status tanah belum selesai, hingga kemudian Pemkab Siak memindahkan lokasi di Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak.

Jamaluddin mengatakan, pada intinya Pemkab Siak mendukung pembangunan Kantor Kodim ini. Rencana pembangunannya akan di mulai pada tahun 2018 mendatang. Untuk tahun ini pekerjaanya pembersihan lahan dan penimbunan.

“Kami mendukung pembangunan Kantor Kodim Siak ini, sebab Siak sebagai salah satu daerah tujuan wisata, tentunya berdirinya kodim bagian dari pengamanan suatu daerah sekaligus mempercepat pembangunan,” terang Jamal

Jamal menambahkan, nantinya akan dibangun sarana dan prasarana perkantoran Kodim ini. Seperti, Perumahan Dandim, Kasdim, rumah jaga, gudang senjata, ruang sel, serta lapangan tembak.

Sementara itu Ketua Tim Dalprog Letkol Inf. A. T Chris Hardjoko mengungkapkan pembangunan kodim Siak sudah dibahas di Kodam I Bukit Barisan. Namun, saat ini program prioritas dari TNI adalah peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) hingga minimnya anggaran TNI.

Tetapi jika Pemkab Siak mau menghibahkan lahan dan bangunan, pihaknya akan segera untuk menindak lanjutinya.

“Saat ini program prioritas TNI adalah peremajaan alutsista, oleh karena itu anggaran untuk pembangunan untuk sementara ditunda dulu. Dengan adanya bantuan hibah dari Pemkab Siak ini kami akan segera menindaklanjuti dan ini patut disyukuri agar nantinya di Siak sudah berdiri kantor Kodim sendiri,” jelasnya.

Dalam acara itu tampak hadir, Kabag Pertanahan Romy Lesmana, dan Perwira penghubung Mayor Inf Sumarno. Selanjutnya rombongan di bawa untuk melihat lokasi rencana pembangunan Kodim Siak. Berlokasi di pinggir jalan arah ke Tunang samping Taman Makam Pahlawan dengan luas lahan seluas 5,1 Ha. (Rls/TW)