oleh

Pemkab Bengkalis Melalui Dinkes Akan Menambah Alkes di Tiap-Tiap Puskesmas

BENGKALIS (Inforiau.ID) – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kesehatan akan Menambah alat kesehatan Guna meningkatkan kualitas atau mutu pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Bengkalis. Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis Supardi disela-sela meninjau Puskesmas Selatbaru, Jum’at (22/9/17).

Penambahan Alkes tersebut diantaranya, dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi untuk daerah kepulauan, perbatasan dan terpencil dari Pemerintah Pusat untuk disalurkan ke dua Puskesmas, yakni Puskesmas Selatbaru, Kecamatan Bantan dan Puskesmas Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara.

banner 300x250

“Tahun ini akan di droping Alkes yang dialokasi dari DAK Afirmasi daerah perbatasan. Dan saat ini sedang dalam proses kepengurusannya dan diharapkan segera tuntas nilainya ada miliaran rupiah,” ungkap Supardi didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Heri Pratikno, Kasubag Keuangan dan Perlengkapan Ermanto dan tim teknis lainnya.

Sementara itu, selain penambahan Alkes dua Puskesmas perbatasan, Supardi juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui dana APBD tahun anggaran 2017 ini juga bakal menambah Alkes untuk belasan Puskesmas lainnya tersebar di daerah ini.

“Selain dari penambahan melalui anggaran DAK Afirmasi tersebut, tahun ini melalui APBD 2017 ini juga akan dilakukan penambahan Alkes ke belasan Puskesmas yang ada di daerah kita,” imbuhnya.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinkes Bengkalis Supardi juga sempat meninjau kondisi sarana dan prasarana di Puskesmas Bengkalis. Di Puskesmas Bengkalis ini mulai tidak lagi memadai karena daya tampung pasien dan kenyaman bekerja petugas yang terbatas.

Supardi berharap tahun 2018 mendatang, Puskesmas Bengkalis akan dilakukan penambahan ruangan agar mampu meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik. (Roni)