oleh

Golkar Beberkan Sosok Pengganti Setnov di Kursi DPR

JAKARTA – ‎Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily membeberkan sosok pengganti Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI. Sosok pengganti Setnov tersebut yakni yang harus mampu memulihkan citra DPR sebagai lembaga yang bersih dan terhormat.

“Tentu Golkar akan memprioritaskan kader yang memiliki kriteria yang diharapkan masyarakat yang dapat memulihkan citra DPR RI sebagai lembaga negara yang terhormat,” kata Ace saat dikonfirmasi Okezone, Senin (1/1/2018).

banner 300x250

Tidak hanya itu, kata Ace, beberapa kriteria atau persyaratan untuk menjadi calon Ketua DPR telah disepakati oleh jajaran pengurus internal Golkar. Salah satunya yakni, memiliki pengalaman sebagai anggota DPR RI.

(Baca Juga: Ketua DPR Pengganti Setya Novanto Harus Diterima Lintas Fraksi dan Fraksi)

“Mereka juga harus disertai pernah memimpin alat kelengkapan dewan (AKD), apakah sebagai pimpinan Fraksi atau pimpinan komisi,” sambungnya.

Untuk mengembalikan citra DPR sebagai lembaga yang bersih dari korupsi, Golkar juga mensyaratkan calon Ketua ‎lembaga parlemen tersebut bebas dari permasalahan hukum.

“Bahkan kalau perlu tidak memiliki potensi masalah hukum. Ini sangat penting agar tidak menjadi masalah setelah menjabat sebagai Ketua DPR RI. Ini merupakan elemen yang sangat mendasar dalam menegakan mewujudkan integritas pimpinan Dewan,” terangnya.

Terakhir, sambung Ace, syarat untuk dipilih menjadi calon Ketua DPR yakni harus mampu berkomunikasi baik dengan lintas ‎partai dan pejabat-pejabat pemerintah lainnya.

“Kriteria ini sangat penting karena Ketua DPR RI harus mampu menjalin komunikasi lintas fraksi dalam mencapai target-target kinerja DPR baik legislasi, pengawasan maupun anggaran,” pungkas Ace.

(muf)