oleh

Pendaftaran Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Periode 2018-2023 Riau Dimulai setelah PILGUBRI

PEKANBARU (Inforiau.ID) – Tim seleksi (Timsel) mengumumkan pendaftaran calon anggota Bawaslu kabupaten/kota periode 2018-2023 se-Propinsi Riau, pengumuman berdasardarkan surat bertanggal 22 Juni 2018 yang di tandatangani oleh 2(dua) tim seleksi.

Ketentuan dan persyaratan untuk pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2018-2023 beredar di media sosial. Informasi lengkap dan format berkas administrasi bisa dilihat atau diunduh di  websiteriau.bawaslu.go.id.

banner 300x250

Penerimaan pendaftaran dibuka tanggal 28 Juni – 4 Juli 2018. Dokumen pendaftaraan di scan dan dikirim  ke alamat email tim seleksi  timselbawaslu.kkriau2018@gmail.com dan dokumen asli (hardcopy) harus dikirim melalui pos kilat khusus, jasa kurir atau diantar langsung ke sekretariat tim seleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota dengan alamat: Jl. Adi SuciptoNo. 284 (Komp Transito) Pekanbaru.

Tahapan seleksi calon anggota Bawaslu kabupaten/kota periode 2018-2023 se Propinsi Riau secara garis besar dimulai dari pengumuman pendaftaran tanggal 22 Juni 2018, penerimaan pendaftaran tanggal 28 Juni – 4 Juli 2018, penilaian berkas administrasi tgl 10 Juli 2018, dan hasil seleksi administrasi diumumkan tanggal 11 Juli 2018.

Ketua Timsel II, Panca Setyo Prihatin, S.IP., M,Si mengatakan,  anggota Bawaslu kabupaten/kota, sesuai UU No.7 thn 2017 berjumlah 5 orang dan bersifat tetap. Untuk anggota panwaslu kabupaten/kota yang masih bertugas tetap diwajibkan mengikuti proses penerimaan tetapi hanya mengikuti tes evaluasi yang akan dilakukan oleh tim Bawaslu pusat.

Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Riau ini menambahkan, di Propinsi Riau proses seleksi melibatkan 10 orang anggota tim seleksi yang terbagi atas dua timsel yaitu Timsel 1: meliputi Kota Pekanbaru, Kabupaten Rohil, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai.

Timsel 2 meliputi Kabupaten Rohul, Kabupaten Kampar, Kabupaten  Kuansing, Kabupaten Inhu, Kabupaten Inhil dan Kabupaten Pelalawan.

Timsel terdiri dari 10 orang yang berasal dari latar belakang akademisi berbagai perguruan tinggi di Riau dan ada yang berasal dari Kementrian Agama.

Panca Setyo Prihatin, S.IP., M,Si berharap sesuai dengan semangat penyelenggaraan pemilu yg berintegritas maka kami tim seleksi berkomitmen untuk melakukan seleksi secara terbuka, jujur dan akuntable agar menghasilkan komisioner bawaslu yang tangguh dan dapat diandalkan dalam menegakkan demokrasi. (AK)