oleh

Runway Bandara Palu Rusak 400 Meter, Baru Bisa Digunakan untuk Pesawat Kecil

JAKARTA – Kementrian Perhubungan (Kemehub) memastikan Bandara Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Sulawesi Tengah akan kembali beroperasi. Namun hanya bisa digunakan oleh pesawat kecil saja.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Baitul Ihwan mengatakan bilamana pembukaan bandara itu tersebut dikarenakan masih terdapat jarak laju landasan yang bisa digunakan. Namun hanya untuk pesawat kecil saja.

banner 300x250

“Kami sampaikan bahwa run way yang ada 2400 meter ya. Jadi yang mengalami keretakan dari informasi dari Direktorat Jenderal perhubungan udara sekitar 400 m. Sehingga dalam kondisi sekarang seperti saat ini bahwa pesawat masih bisa melakukan pendaratan. Dalam arti run way 2000 kelas pesawat-pesawat kecil,” ungkap Baithul saat konfrensi pers di Kantor Kemenhub, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (29/9/2018).

Dikatakan Baithul, pengoperasian Bandara Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Sulawesi Tengah pasca pihaknya melakukan pemeriksaan. Diketahui setelah gempa terdapat lintas yang retak dan tower Air Trafic Controller yang rusak.

“Melakukan pemeriksaan Bandara Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Sulawesi Tengah pasca penutupan bandara,” jelas dia.

Akan tetapi, Bandara Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Sulawesi Tengah untuk saat ini hanya bisa digunakan untuk keperluan emergency dan bantuan SAR.

“Untuk penerbangan di Palu memang sedang diusahakan untuk segera dilakukan penerbangan komersil. Namun dengan kondisi yang ada saat ini masih diutamakan untuk bantuan kemanusiaan dulu,” terang dia.

(kha)