oleh

Hari Ini, Pengendara di Jaksel Bisa Bayar Tilang di Mal, Begini Mekanismenya

JAKARTA – Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan mengumumkan kepada masyarakat terutama mereka pengendara yang melanggar lalu lintas dapat membayar dendanya di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, dan tak perlu mendatangi pengadilan.

Wakajati DKI Jakarta, Pathor Rahman menjelaskan jika kegiatan ini untuk memberikan kemudahan dalam menyelesaikan administrasi bagi pelanggar yang ingin membayar tilang di akhir pekan.

banner 300x250

“Ini komitmen dari Jaksa Agung, Kajati DKI Jakarta, dan Kejari Jaksel dalam reformasi kelembagaan. Sehingga diharapkan bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujar Pathor kepada wartawan.

Adapun, nantinya kegiatan ini digelar selama dua hari. Yakni kemarin dan hari ini, Minggu (18/11/2018). Pengambilan nomor antrean dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Mekanismenya, para pengendara yang terkena tilang hanya perlu membayar denda sesuai yang telah tercantum dengan pelanggaran yang dibuat.

“Tidak lama seperti dulu, sekarang kami datang dan mencari di mana tempat keramaian,” jelas dia.

Dikatakan Pathor apa yang dilakukan Kejari Jaksel ini adalah yang pertama. Dia pun mengharap terobosan seperti ini dapat diikuti oleh kejaksaan lainya.

“Diharapkan, menjadi contoh bagi kejaksaan yang lain,” imbuh dia.

Di sisi lain, Kajari Jakarta Selatan Suparti menjelaskan jika kegiatan ini akan digelar terus menerus dan tak hanya di mall saja. Melihat respon masyarakat cukup positif.

“Bisa jadi nanti di tempat keramaian lainnya, seperti di Ragunan, atau di car free day (CFD). Enggak melulu di mal, akan kami evaluasi,” jelas dia.

(kha)