oleh

Gaji Guru Diusulkan Naik Jadi Rp20 Juta, Sri Mulyani: Hitung Saja Anggarannya

JAKARTA – Tim Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno menilai, untuk mendongkrak kualitas pendidikan di Indonesia gaji guru harus naik menjadi Rp20 juta.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pada dasarnya setiap pihak memiliki keinginan untuk memperbaki kualitas pendidikan, hal tersebut memang dihargai. Namun, tentunya ide dari pasangan calon nomor urut 02 tersebut harus dilakukan perhitungan terlebih dahulu.

banner 300x250

“Kalau ada ide dari salah satu pihak untuk menaikkan, tentu tinggal dihitung saja dari sisi anggaran,” katanya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

 Baca Juga:

Tim Prabowo-Sandi Sebut Gaji Guru di Indonesia Harus Rp20 Juta

Timsesnya Janjikan Gaji Guru Naik Rp20 Juta, Prabowo: Uangnya dari Mana?

Dia menjelaskan, anggaran pendidikan sebesar Rp492 triliun pada 2019. Maka dari anggaran tersebut perlu dilakukan pengitungan untuk gaji dan tunjangan profesi guru, serta dana lainnya yang dialokasikan ke daerah seperti dana BOS yang bahkan sudah mencapai Rp117 triliun.

“Kalau ada ide, ya ada baiknya dihitung, berapa jumlah guru, berapa jumlah anggarannya, dan apakah kebutuhan anggaran itu akan dipenuhi dari sumber mana,” jelas dia.

(dni)